Setting Domain web.id di Blogspot

Setting Domain web.id di Blogspot -Sebenarnya artikel seperti  ini sudah banyak di bahas oleh blog lain, tapi saya akan mencoba berbagi pengalaman pribadi saya tentang Cara Setting Domain web.id di Blogspot.
.
Ternyata jika kita membeli domain id saja tanpa hosting di penyedia jasa web hosting dalam negeri manapun, kita tidak bisa dimanjakan oleh pengaturan DNS yang sudah tersedia otomatis di hosting tersebut seperti halnya jika kita membeli domain luar negeri macam .com, ,net, dan .org
Mau tidak mau jika kita ingin setting Domain web.id di platform blogspot, kita harus mempunyai akun di penyedia DNS yang sudah dilengkapi fasilitas setting DNS Records, A, MX, dan CNAME records.

Ini pun baru saya ketahui ketika saya order domain serbainfo.web.id  di sebuah jasa hosting dalam negeri, ketika saya ingin mengarahkan DNS nya ke blogspot, ternyata Domain web.id tidak tersedia fasilitas setting DNS Records, A, MX, dan CNAME records.

Nah diartikel saya kali ini saya akan share Setting Domain web.id di Blogspot dari hasil saya blogging kesana kesini, maklum saja saya juga masih “newbie”.

Memang di luar sana sudah banyak beredar web yang menyediakan jasa DNS Hosting, tetapi saya sempat kesulitan karena web tersebut tidak menyediakan yang Free (Gratis), padahal untuk membeli domain saja saya harus menabung terlebih dahulu …”Curhat”

Akhirnya saya menemukan dan sekalian merekomendasikan untuk anda yang sedang kesulitan mencari layanan DNS gratis mungkin “DNSpark” bisa menjadi solusinya.

Lansung aja deh saya kasih tahu Cara Setting Domain web.id di Blogspot

1. Jika anda sudah memilik akun di DNSpark langsung aja login. Jika belum langsung masuk https://www.dnspark.net/register/ untuk mendaftar

2. Isi Form yang diberikan, yang “bertanda bintang” disebelah kiri wajib diisi.

Setting Domain web.id di Blogspot 

Lalu centang tulisan ‘I have read and accept the terms of service”.dan ” I understand that no adult oriented sites will be permitted ” dan klik “Register”

3. Setelah anda sudah terdaftar login dan langsung masuk ke DNS Hosting lalu klik Add Domain di sebelah kiri.dan masukan domain anda

Setting Domain web.id di Blogspot

4. Setelah itu kembali ke menu DNS Hosting dan klik nama domain yang sudak kamu daftarkan tadi untuk masuk ke menu setting DNS nya.

5. Silahkan anda tambahkan settingan DNS nya seperti di bawah ini agar dapat mengarah ke Blogspot.

Setting Domain web.id di Blogspot

Ket:

  • Type : CNAME
  • Hostname : www
  • IP Address : ghs.google.com

Lalu klik “Update All”

6. Setelah setting DNS nya selesai,sekarang anda tinggal setting di blog anda dengan login ke akun blog anda, dan ganti domain anda yang lama dengan domain yang baru anda tadi

UPDATE: diketahui pengaturan server domain ID hanya bisa diatur di situs PANDI, jadi jika anda membeli domain ID selain di hosting PANDI, seperti rumahweb,idwebhost dll,  Anda harus mengarahkan servernya ke hosting DNSPark dengan nama server fns1.dnspark.net dan fns2.dnspark.net dengan minta tolong langsung ke costumers service dimana anda membeli domain tersebut, jika itu tidak anda lakukan domain anda tidak akan aktif.
 

Selesai, sekarang anda sudah Setting Domain web.id di Blogspot.
Tetapi untuk domain anda aktif anda harus menunggu beberapa hari atau biasanya sekitar 2 x 24  jam, karena yang saya tahu domain baru kita harus menyebar dulu.

Baiklah, demikian artikel dari saya tentang Cara Setting Domain web.id di Blogspot dan jika ada kesalahan mohon bisa ditambahkan.

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*