Cara Merawat Kenari Yorkshire / Yokser

Cara merawat kenari yorkshire/yokser mungkin agak susah bagi pemula karena habitat asli dari burung ini bukan di Indonesia. Dilihat dari namanya saja ketahuan bahwa burung ini memang berasal dari luar yaitu yorkshire, namun setelah sampai di Indonesia namanya diplesetkan menjadi yokser. Untuk beradaptasi dengan lingkungan tropis, maka burung kenari ini perlu trik-trik perawatan khusus agar keindahan dan kesehatannya tetap terjaga.
cara merawat yokser

Cara memberi makan yokser

Burung kenari ini perlu dilatih agar bisa memakan bahan makanan yang berasal dari tanaman tropis seperti sayur-sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan. Pada dasarnya semua itu bisa diberikan ke yorkshire namun perlu dilatih dulu. Pada awal mula ketika membeli, mintalah juga makanan untuk burung ini yang sudah terbiasa dengan sistem pencernaanya yaitu pakan impor. Pada minggu-minggu pertama ini berikan secara bertahap pakan impor di campur dengan pakan lokal. Pada awalnya perbanyak campuran pakan impornya kemudian dikurangi sedikit demi sedikit sehingga komposisi campurannya menjadi pakan lokal yang porsinya paling banyak. Setelah terbiasa maka Anda dapat menghilangkan sama sekali pakan impornya. Berikan juga biji-bijian secara lengkap untuk memenuhi nutrisi yang seimbang dan lengkap. Beli agak sedikit mahal gak apa-apa yang penting burung yokser Anda tetap sehat. Berikan juga multivitamin terutama pada awal-awal adaptasi karena hal ini bisa sangat menggangu kesehatan yokser.

Cara melatih adaptasi dengan lingkungan

Burung yorkshire tidak bisa beradaptasi secara langsung dengan lingkungan tropis. Seperti halnya tentang cara memberi makanan, lakukan proses adaptasi secara perlahan-lahan. Jangan langsung menjemur burung ke sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Diamkan yorkshire di dalam rumah aja selama beberapa hari hingga terbiasa. Setelah di rasa siap, jemur pada pagi hari selama 10 menit saja. Ingat untuk melakukannya secara bertahap. Setelah itu Anda dapat menjemurnya selama 20 menit, 30 menit dan seterusnya. Usahakan ketika menjemur tidak terkena angin yang cukup kencang. Letakkan di area yang kecepatan anginnya relatif rendah.
Jangan semprot secara langsung untuk memandikannya, berikan saja air dalam wadah. Biarkan burung ini mencipratkan sendiri air yang sudah disediakan. Kemudian ketika malam hari berikan kerodong agar tidak digigit nyamuk, namun jangan memakai kerodong yang tebal karena akan meningkatkan suhu di dalam. Hal ini tidak disukai burung kenari yokser.
Itulah tadi hal-hal dasar tentang cara merawat burung yorkshire / yokser. Semoga artikel singkat ini dapat menjadi pedoman untuk memelihara hewan peliharaan Anda. Bagi Anda yang pecinta hewan, tidak ada salahnya membaca juga artikel tentang sugar glider.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*