Cara Merawat Sugar Glider

Cara merawat sugar glider – Bagi Anda yang baru saja memiliki Sugar Glider maka penting sekali untuk mengetahui cara memeliharanya dengan benar. Ya pasti kalau kita sudah memutuskan untuk memelihara seekor hewan, apapun itu, termasuk Sugar Glider maka kita punya kewajiban untuk merawat dan menjaganya. Sugar Glider sendiri belakangan ini rupanya cukup menarik para pecinta hewan untuk memeliharanya karena bentuknya yang kecil, lucu, dan imut. Hewan ini berasal dari daerah timur Indonesia, Australia, Papua Nugini hingga Tasmania. Hewan yang bernama latin Petaurus brevicep ini membutuhkan komitmen dari kita untuk merawatnya sehingga bisa terjadi bond (ikatan) antara kita dan Sugar Glider yang kita miliki. Selain tu tentunya kita menginginkan hewan peliharaan kita sehat bukan? Nah berikut adalah beberapa aspek yang perlu kita perhatikan untuk merawat Sugar Glider.

1. Menjinakkan Sugar Glider

Hal pertama yang mungkin agak susah adalah menjinakkan Sugar Glider, namun jika sudah berhasil maka hewan ini bisa jadi sangat jinak dan lengket dengan Anda. Untuk menjinakkan hewan ini diperlukan kesabaran dan kasih sayang dari Anda. Ketika pertama kali membeli Sugar Glider, biarkan hewan ini beradaptasi dengan lingkungannya terlebih dahulu dan jangan diganggu atau diajak main dulu selama 2 hari.. Hal ini dikarenakan hewan masih dalam kondisi adapatasi dan biasanya agak stress dengan lingkungan baru. Letakkan baju bekas Anda yang habis dipakai di area sekitar kandang untuk mengenalkan bau keringat Anda ke Sugar Glider. Ya, hewan ini jika sudah terbiasa dapat mengenali Anda hanya dengan bau badan atau keringat Anda.
Setelah 2 hari secara perlahan-lahan berikan makanan ke Sugar Glider dengan tangan Anda secara langsung. Namun Anda harus hati-hati karena bisa jadi hewan ini masih belum mengenali Anda sehingga menganggap manusia sebagai ancaman. Jika masih belum berhasil memberi makan secara langsung dengan tangan Anda gak usah khawatir karena lama-lama Sugar Glider akan terbiasa dan menerima kehadiran Anda. Jika memberi makan secara langsung melalui tangan Anda ini maka akan menimbulkan hubungan kepercayaan diantara kita dan Sugar Glider. Selain itu Sugar Glider juga dapat mengenali bau keringat melalui tangan Anda. Setelah itu Anda dapat mulai memberi sentuhan kecil dan memberikan elusan untuk memberikan kasih sayang kepada hewan ini. Jangan lupa juga ajak komunikasi hewan kecil imut ini, meskipun mereka tidak tahu bahasa kita namun dengan cara ini bisa meningkatkan hubungan emosional dan mempengaruhi seberapa cepat terjadi bonding antara kita dan Sugar Glider. Dengan cara yang teah disebutkan tadi lama-kelamaan Sugar Glider akan semakin lengket dengan Anda.

2. Makanan

Pada dasarnya Sugar Glider adalah hewan pemakan segalanya (Omnivora) sehingga Anda dapat memberikan sayur-sayuran, buah-buahan, dan hewan kecil. Buah-buahan yang biasanya diberikan adalah pepaya, apel, mangga,melon, dan sebagainya. Namun jangan pernah memberikan buah yang telah diawetkan dalam kaleng. Begitu juga dengan sayur-sayuran jangan pernah memberi yang telah diawetkan. Anda dapat memberi makan sayur-sayuran seperti brokoli, seledri, wortel, kubis, dan lain-lain. Untuk mengimbangi asupan kalsium dan protein dari hewan Anda dapat memberikan jangkrik atau belalang. Beberapa perusahaan juga telah memproduksi makanan khusus bagi Sugar Glider, namun Anda perlu memilihnya dengan bijak.
Jangan memberikan biji-bijian baik dari jenis kacang-kacangan ataupun biji dari buah karena dapat menyebabkan usus terhambat.  Hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Selalu berikan Sugar Glider dengan minuman air putih yang bersih.

3. Kandang

Karena hewan ini di habitat aslinya suka memanjat dan melompat, maka berikan kandang yang tinggi dan luas. Semakin besar kandangnya maka akan semakin baik bagi Sugar Glider karena dapat leluasa untuk bermain dan beraktivitas. Hewan ini cukup aktif di malam hari dan pada siang hari biasanya tidak seaktif ketika malam. Hindarkan kandang dari sinar matahari langsung karena hewan ini dapat terganggu indera penglihatannya jika terkena cahaya matahari langsung. Pastikan sirkulasi udaranya juga baik.
Di dalam kandang sediakan mangkuk kecil untuk makan dan minumnya. Pastikan kebersihan wadah tersebut dan cuci secara berkala. Anda juga dapat menempatkan mainan untuk Sugar Glider seperti roda untuk hamster, seutas tali untuk menyeberang, dan aksesoris menggantung pada kandang. Namun berikan tiap mainan secara bertahap agar Sugar Glider tidak bingung dan penasaran dengan tiap ada mainan yang baru. Berikan juga pouch atau sarung kecil yang lembut dan empuk sebagai tempat glider untuk beristirahat dan tidur.
Itulah tadi beberapa aspek yang perlu diperhatikan tentang cara merawat Sugar Glider. Sayangi Sugar Glider Anda dan perlu komitmen dan konsistensi untuk merawatnya. Bagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang baru mempunyai Sugar Glider. Yang punya hobi burung bisa baca juga artikel tentang perawatan kenari yokser.  Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*