Cara Memakai Softlens yang Benar

Cara memakai softlens bagi para pemula mungkin bisa jadi ketakutan tersendiri, entah takut tidak pas di mata, takut jatuh, takut tergores, dan sebagainya. Namun, jika Anda sudah terbiasa memakainya, maka ketakutan itu lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Biasanya para pemula berlatih dengan cara menyentuh dengan lembut bola mata sendiri dengan tangan, tentunya tangan yang sudah steril.
cara memakai softlens
Berikut adalah langkah-langkah memakai softlens yang benar :
  1. Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun atau cairan antiseptik agar tangan menjadi steril. Jangan memakai lotion, dan sebagainya pada tangan karena dapat merusak softlens. 
  2. Keringkan tangan sampai benar-benar kering, tangan yang basah dapat membuat softlens menjadi lentur dan datar
  3. Ambil softlens dari tempatnya, pastikan softlens dalam keadaan baik yaitu tidak sobek dan tidak ada kotoran sedikitpun yang menempel. Jika ada kotoran maka bersihkan dulu mengunakan cairan pembersih untuk softlens. 
  4. Tempatkan softlens pada jari telunjuk Anda dengan posisi cekungan lensa menghadap ke atas
  5. Dekatkan jari telunjuk yang terdapat softlens ke mata, kemudian jari tengah (masih dengan tangan yang sama) menarik kelopak mata bagian bawah.
  6. Arahkan bola mata Anda ke atas sehingga otomatis yang terlihat di bagian bawah mata adalah mata yang putih 
  7. Tempelkan softlens ke bola mata yang putih di bagian bawah mata
  8. Kedip-kedipkan mata secara perlahan-lahan, secara otomatis softlens akan mengikuti arah kornea dan menempatkannya tepat di kornea
  9. Ulangi langkah-langkah di atas untuk mata yang kedua. Jika Anda pemula yang masih sulit dengan cara di atas, biasanya karena gerakan refleks mata menolak benda asing yang masuk, coba tahan kelopak mata bagian atas menggunakan tangan Anda yang satunya sembari tangan yang memegang softlens menarik kelopak mata bagian bawah menggunakan jari tengah.

Biar lebih jelas lihat dulu videonya dari youtube

Nah, sudah tau kan cara memakai softlens yang benar? ternyata gampang kok. Kalau sudah tau, mari kita jaga softlens yang kita miliki agar jangan cepat rusak. Anda dapat membaca artikel tentang cara merawat softlens di blog ini juga.  Sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman Anda yang juga masih kesulitan memakai softlens.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*