Cara Mengetahui Suhu Laptop

Cara mengetahui suhu laptop menjadi sangat penting bagi para pemilik netbook dan notebook. Suhu laptop seringkali menjadi masalah tersendiri karena panasnya yang kadang agak kelewatan dan kita bisa menjadi agak panik ketika laptop tiba-tiba mati sendiri karena saking panasnya. Memang hardware laptop sudah didesain jika terjadi panas yang sangat berlebihan sistem akan bekerja sendiri dengan mematikan laptop secara otomatis. Namun, sebaiknya Anda perlu memonitor suhu laptop sehingga kejadian ini tidak terjadi karena bisa jadi sangat merugikan ketika Anda masih bekerja dan belum menyimpan hasil pekerjaan Anda seperti aplikasi office, olah gambar menggunakan menggunakan software berat, hingga editing video.
cara mengetahui suhu laptop

Suhu laptop yang terus menerus dalam kondisi tinggi alias panas menyebabkan hardware pada komputer rentan terhadap kerusakan. Sistem yang secara otomatis melakukan shutdown terhadap laptop pun jika terjadi terlalu sering dapat menyebabkan hardware menjadi rusak. Selain itu jika terjadi panas yang berlebihan juga akan menurunkan performa laptop dan terasa berat. Kita perlu memonitor suhu laptop sendiri sehingga kejadian auto shutdown ini tidak terjadi dan kita tahu kapan saatnya untuk mengistirahatkan sejenak laptop agar menjadi lebih dingin. Bagaimana caranya? Ada beberapa software untuk mengetahui suhu laptop diantaranya :

1. Realtemp

laptop panas

 

Jika prosesor laptop Anda adalah keluaran intel, entah itu single core, dual core, maupun quad core maka software ini mungkin akan cocok. Setiap core dalam prosesor memiliki sensor termal digital yang melaporkan suhu relatif terhadap Tjmax dimana Tjmax adalah suhu maksimal yang aman bagi prosesor. Download softwarenya disini http://www.techpowerup.com/downloads/2089/real-temp-3-70/

2. Core temp

suhu laptop
Dengan menggunakan Coretemp maka dapat dilihat suhu dari masing-masing core prosesor. Anda dapat melihat suhu laptop secara realtime dan dapat melihat setiap terjadi perubahan dan fluktuasinya. Sebagian besar prosesor sudah compatible dengan software ini, terutama software keluaran intel dan AMD. Software ini cukup ringan sehingga tidak memberatkan sistem. Download softwarenya disini http://www.alcpu.com/CoreTemp/
Itu lah tadi software yang digunakan untuk memonitor panas laptop. Selalu pantau suhunya dan tetap jaga laptop Anda dalam kondisi dingin. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan membeli coolpad, kipas kecil yang diletakkan di bawah laptop. Namun, menurut saya hal ini memberi dampak yang sangat kecil terhadap suhu laptop. Cara yang paling mudah dan efektif menurut saya adalah dengan mendekatkan kipas angin meja ke bagian laptop yang biasanya paling panas, biasanya pada bagian ini terdapat prosesor. Selain itu, jangan letakkan laptop di kasur atau kursi sofa karena panas dari bawah tidak bisa keluar. Terima kasih telah membaca artikel tentang cara mengetahui suhu laptop, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*