Cara Menghilangkan Tinta di Baju

Pernahkah baju Anda atau anggota keluarga Anda terkena noda tinta dan bingung cara menghilangkannya? Hal ini biasanya terjadi ketika menaruh pulpen yang bocor di saku baju, bisa juga lupa menaruh pulpen di saku namun Anda lupa untuk menutupnya sehingga tinta menempel dan merembes di baju. Noda ini sangat susah jika dicuci dengan deterjen biasa dan susah untuk dihilangkan. Oleh karena itu selamatkan baju Anda dengan mengikuti tips-tips di bawah ini. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda tersebut yaitu : 
cara menghilangkan tinta di baju

1. Menghilangkan tinta menggunakan cairan aseton

Yang belum tahu aseton, aseton adalah cairan penghapus cat kuku. Caranya adalah dengan meneteskan cairan aseton ke noda tinta dan diamkan cairan mengendap selam kurang lebih 30 menit. Jika noda tintanya sangat kecil bisa juga menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke dalam aseton kemudian dioleskan ke noda. Setelah itu bilas dengan air bersih, untuk lebih menyempurnakan cuci pakaian menggunakan deterjen seperti biasa Anda mencuci sehari-hari. Aseton dapat dibeli di apotik terdekat, toko kecantikan yang menjual kutek, dan sebagainya.

2. Menghilangkan tinta menggunakan susu

Susu juga dapat digunakan untuk menghilangkan tinta di baju. Cara ini cocok untuk pakaian yang berwarna karena dapat merawat warna baju. Laktosa pada susu merupakan zat yang bekerja untuk hal ini. Caranya adalah dengan merendam baju ke dalam larutan deterjen yang ditambah dengan susu bubuk. Cukup sedikit saja, tidak usah banyak-banyak agar tidak boros karena susu relatif mahal. Setelah di rendam, kemudian cuci seperti biasa.

3. Menghilangkan tinta menggunakan spiritus

Caranya hampir sama dengan menggunakan aseton, tetsekan spiritus ke dalam titik noda tinta pada baju. Diamkan selama beberapa waktu kemudian bilas dengan air. Jika noda masih ada, ulangi lagi sampai noda memudar. Setelh itu cuci seperti biasa untuk menghilangkan bau spiritus.

4. Menghilangkan tinta menggunakan aeorosol

Aerosol dapat ditemukan pada hairspray, namun tidak semua hairspray mengandung aerosol. Jadi Anda harus berhati-hati ketika membeli hairspray dengan tujuan untuk membersihkan baju dari tinta. Cara penggunaannya semprotkan hairspray pada kain atau lap kering yang bersih. Kemudian usapkan pada noda tinta, ulangi cara tersebut hingga noda hilang
Itulah tadi beberapa cara menghilangkan tinta di baju, semoga cara di atas dapat membantu Anda dan menyelamatkan baju kesayangan Anda. Baca juga artikel cara menghilangkan embun di jam tangan. Terima kasih telah mampir di blog ngobrol santai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*