Resep cupcake coklat kukus lembut nan enak

Proses pembuatan cupcake memang mudah, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembuatnya. Resep cupcake coklat lembut nan lezat bisa dibuat sendiri di rumah. Sehingga, anda bisa menghemat pengeluaran dan bebas berkreasi sesuka hati. Cupcake biasa dijadikan snack dalam berbagai acara, mulai dari arisan, acara di sekolahan, rapat, seminar, pesta ulang tahun, hingga pesta pernikahan. Cupcake banyak digemari dan bisa menjadi ladang wirausaha bagi anda yang ingin menggelutinya.

Resep Cupcake Coklat Lembut

Cupcake juga pas dijadikan cemilan di rumah, menemani di kala senggang sambil membaca atau saat menonton tayangan televisi. Menjelang hari raya, biasanya banyak saudara yang masih kecil berkunjung. Anda bisa menyajikan cupcake coklat enak karena anak-anak pasti menggemarinya, bukan hanya karena rasanya yang enak namun juga tampilannya yang cantik dan lucu. Cupcake cokelat ini bisa disantap saat duduk-duduk santai sambil minum teh atau kopi.

Bahan Resep Cupcake Coklat Kukus Lembut

Untuk membuat resep cupcake coklat kukus lembut dan enak, pertama-tama anda harus memastikan bahan dan perlengkapannya tersedia di dapur. Peralatan yang anda butuhkan antara lain cetakan muffin, pengukus, dan paper cup. Berikut ini adalah resep cupcake coklat lembut:

Bahan A:

  • 300 gram mentega
  • 300 gram gula pasir halus
  • 6 butir telur ayam

Bahan B (diayak menjadi satu):

  • 1 sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 sendok teh vanili bubuk
  • 350 gram tepung terigu
  • 4 sendok makan cokelat bubuk
  • 1 sendok teh cake emulsifier

Bahan untuk Olesan:

  • 300 ml krim segar
  • 300 gram dark chocolate, diiris-iris

Bahan-bahan resep cupcake coklat lembut cukup familiar bukan? Anda yang pernah membuat cookies tidak akan merasa asing dengan bahan-bahan ini, karena mudah ditemukan di toko perlengkapan dan bahan kue. Setelah bahan-bahan sudah siap, berikut langkah selanjutnya yang harus anda tempuh untuk membuat Cupcake Chocolate yang enak dan lembut.

Cara membuat Cupcake Coklat Lembut

A. Membuat Cupcake terlebih dahulu

  1. Kocok mentega dan gula pasir halus hingga lembut dan menyatu dengan menggunakan mixer berkecepatam sedang atau tinggi.
  2. Masukkan telur ayam satu per-satu sambil terus mengocok adonan dengan mixer. Masukkan campuran bahan B. Aduk rata.
  3. Tuang adonan ke dalam mangkuk kertas, atau cetakan muffin yang dilapisi dengan paper cup. Tuang adonan sebanyak tiga perempat dari kapasitas cetakan muffin.
  4. Anda bisa memilih mengukus cupcake selama 25-30 menit atau memanggang cupcake dalam oven panas 180 derajat C selama 30 menit.
  5. Setelah adonan mengembang, angkat dan dinginkan.

B. Membuat Olesan:

  1. Didihkan krim. Setelah itu tuang ke dalam cokelat.
  2. Kemudian aduk coklat hingga leleh
  3. Hias cupcake dengan bahan olesan.

Ada banyak variasi hiasan yang bisa anda aplikasikan agar cupcake atau muffin buatan anda terlihat lebih cantik. Di antaranya adalah permen warna-warni, coklat serut, atau icing yang bisa anda siapkan sendiri. Selain itu, pemilihan hiasan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, hiasan coklat serut cocok untuk acara formal atau semi-formal dengan konsumen orang dewasa; sementara itu, hiasan permen atau icing warna-warni cocok untuk anak-anak, biasanya untuk acara pesta ulang tahun atau sekedar cemilan bagi buah hati di rumah.

Resep ini untuk 16 buah Cupcake Cokelat. Resep cupcake coklat lembut ini bisa disederhanakan porsinya untuk 8 buah cupcake coklat dengam memakai separuh takaran resepnya. Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*