Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Cara daftar BPJS kesehatan bisa dilakukan secara online melalui website resmi dari BPJS sehingga memudahkan bagi yang ingin mendaftar dan tidak perlu antri dan berdesak-desakan di kantor. Ya, sejak diluncurkan pada tanggal 1 Januari 2014 kemarin, minat masyarakat terhadap BPJS ini cukup tinggi karena biaya pengobatan, rawat inap, dan lain sebagainya akan menjadi mahal jika tidak mendaftar BPJS. Meskipun kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia masih belum merata, akan sangat menguntungkan jika kita ikut BPJS ini.

cara daftar bpjs

Untuk mendaftar secara online, tetap saja dibutuhkan dokumen-dokumen dasar seperti KTP, kartu keluarga, NPWP, nomor handphone, alamat email, dan nomor rekening bank sebagai iuran bulanan. Yang belum punya alamat email, bisa membuatnya secara gratis di gmail atau yahoo. Alamat email ini sangat penting gunanya karena nanti akan dikirimi kartu tanda peserta berupa e-ID BPJS. Berikut ini adalah tata cara mendaftar BPJS kesehatan secara online dari blog terselubung.

Langkah-langkah mendaftar BPJS online

  1. Buka alamat BPJS di alamat berikut ini http://bpjs-kesehatan.go.id/index.php/pages/detail/2014/15
  2. Isi identitas lengkap Anda dari nomor KTP, nama lengkap, hingga alamat email. untuk nomor registrasi kosongkan saja karena nanti akan terisi otomatis. Jangan simpan dulu. Sekarang klik tab alamat yang ada di atas (samping tab identitas).
  3. Isikan alamat Anda mulai RT/RW hingga kartu keluarga.
  4. Beralih ke tab Fasilitas Kesehatan Tingkat I. Cari faskes yang terdekat dengan rumah Anda agar lebih mudah.
  5. Beralih ke tab No. Rekening Bank. Isikan nomor rekening bank yang Anda punya. Untuk saat ini BPJS hanya bekerja sama dengan BNI, BRI, dan bank mandiri.
  6. Setelah semua terisi klik simpan. 
  7. Buka inbox email Anda maka akan masuk email untuk aktivasi keanggotaan Anda. Jika belum menerima email, tunggu beberapa saat atau cek folder spam.
  8. Klik aktivasi keanggotaan Anda.
  9. Anda akan dibawa ke halaman situs yang berisi nomor virtual card untuk pembayaran Anda di bank.
  10. Setelah Anda membayar di bank, buka email kembali kemudian Anda sudah dapat mencetak e-ID sebagai kartu anggota BPJS. 

Mudah kan cara daftar BPJS secara online di atas? Jika dulu Anda masih punya sisa saldo jamsostek bisa cari tahu cara cek sisa saldo jamsostek. Jika Anda masih kebingungan maka dapat meminta tolong teman Anda yang mengerti internet karena tata cara daftar sudah dibuat mudah oleh BPJS. Namun jika masih belum berhasil, Anda dapat mendaftar secara langsung di kantor BPJS terdekat. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*