Resep ayam goreng tepung lezat untuk usaha

Usaha makanan hingga saat ini masih menjadi jenis peluang usaha yang banyak diminati karena makanan dan minuman selalu dibutuhkan oleh semua orang. Jenis makanan yang tak pernah ketinggalan jaman dan disukai hampir oleh semua orang adalah ayam goreng. Berikut ini adalah dua resep ayam goreng yang dapat Anda coba dan menjadi ide bagi usaha makanan Anda.

Resep Ayam Goreng Kremes

Resep Ayam Goreng Kremes

Ayam goreng kremes adalah jenis hindangan ayam goreng yang laris dan banyak disukai akhir-akhir ini. Anak-anak terutama menyukai rasa renyah dan gurih dari kremes yang Anda pada ayam goreng tersebut. Anda pun bisa membuatnya di dapur Anda sendiri. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah:

  • Bahan Utama: ½ ekor ayam dan minyak goreng secukupnya. Campurkan dengan 1 batang serai yang digeprek, 1 lembar daun salam, satu gelas air, ½ sdt gula pasir, dan garam sesuai selera.
  • Bumbu halus: 3 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 3 cm lengkuas, 2 cm jahe, 1 cm kunyit, 1 butir kemiri, dan 1½ sdt ketumbar.
  • Bahan kremes: 30 gram tepung beras, 50 ml air, ½ sdt tepung sagu, dan ½ sdt ketumbar halus. Campurkan semua adonan untuk membuat kremes.

Cara membuat:

  • Pertama, campurkan daging ayam yang telah dipotong-potong dengan bumbu yang telah dihaluskan, serai, dan daun salam.
  • Tambahkan air kemudian aduk hingga merata lalu rebus hingga mendidih.
  • Bubuhkan garam dan gula sesuai selera dan tetap  direbus hingga air berkurang dan bumbu meresap dalam daging.

Untuk membuat resep ayam goreng kremes ini sebelum menggoreng ayamnya, gorenglah kremesnya terlebih dahulu. Masukkan adonan tepung kremes sebanyak satu sendok ke dalam minyak mendidih hingga kremes mengapung dan berwarna kecoklatan. Lakukan terus-menerus hingga adonan habis. Setelah adonan habis goreng ayam hingga matang kemudian hidangkan dengan menambahkan taburan kremes. Hidangkan selagi panas.

Resep Ayam Goreng Lengkuas

Resep ayam goreng yang kedua adalah ayam goreng lengkuas dengan cara memasak yang tidak terlalu sulit.

Resep Ayam Goreng Lengkuas

Bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • 1 ekor ayam dipotong menjadi 12 bagian
  • 500 ml air
  • 250 gr lengkuas
  • 10 cm jahe diparut hingga halus, dan
  • 5 lembar daun salam.
  • Untuk  bumbu yang dihaluskan bahan yang dibutuhkan adalah 10 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, garam secukupnya, 1 ½ sdt ketumbar halus, 3 sdm minyak goreng, dan 5 butir kemiri.

Untuk memasak resep ayam goreng lengkuas yang pertama adalah menumis bumbu halus hingga aroma sedap tercium, kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan daun salam dan lengkuas lalu diaduk hingga wangi
  2. Setelah itu, masukkan 12 potongan ayam dan aduk hingga daging ayam berubah warna
  3. Tambahkan air dan ungkep hingga  air berkurang sehingga bumbu meresap. Ayam ungkep siap digoreng termasuk bumbu lengkuasnya.
  4. Goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan dan hidangkan selagi panas.
  5. Jangan lupa menambahkan lalapan sayuran segara berupa daun selada, mentimun segar, kubis, dan sambal istimewa super pedas buatan Anda.

Baca juga: Resep Opor Ayam Kampung Istimewa

    Kedua resep ayam goreng ini dapat Anda coba terlebih dahulu di dapur Anda sebelum memutuskan untuk menjadikannya menu andalan pada usaha makanan Anda. Dengan rasa yang lezat, harga yang bersahabat, dan penyajian yang bersih dan higienis dapat dipastikan dalam waktu singat rumah makan milik Anda akan ramai pengunjung. Selamat mencoba!

        Be the first to comment

        Leave a Reply

        Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


        *