Resep macaroni schotel panggang enak dan sederhana

Saat ini jenis hidangan yang disantap oleh orang Indonesia terutama di kota-kota besar semakin bervariasi, jadi tidak melulu nasi dan lauk pauk, tetapi juga mie, kentang, pasta, dan macaroni. Macaroni schotel panggang adalah jenis kuliner yang akrab di lidah terutama di kalangan kaum muda dan sudah banyak restoran juga café yang menyediakan hidangan ini pada menu makanan yang ditawarkan. Nah, jika Anda termasuk penggemar hidangan Eropa ini dan ingin membuatnya sendiri di rumah untuk keluarga, berikut ini adalah resep macaroni schotel panggang yang tak kalah lezat dengan yang biasa Anda beli di restoran.

Resep Macaroni Schotel Panggang Lezat

Meski berasal dari Eropa, resep masakan ini cukup mudah disiapkan di rumah, dan hasil yang didapatkan adalah menu ala restoran, berikut adalah bahan resep macaroni schotel panggang dan cara membuatnya:

Bahan Macaroni Schotel Panggang

  • 100 gram macaroni yang direbus hingga masak
  • 300 ml susu sapi cair
  • 50 gram keju parut
  • 30 gram tepung terigu
  • 5 lembar daging asap
  • 3 butir telur, dan
  • 20 gram mentega tawar.
  • Bahan Bumbu: ½ siung bawang bombay yang dicincang halus, ½ sdt merica bubuk, ¾ sdt pala bubuk, 1¼ sdt garam. Untuk taburannya, siapkanlah 100 gram keju yang diparut panjang.

Cara Membuat Macaroni Schotel Panggang

  1. Pertama tumislah bawang bombay hingga wangi lalu masukkan tepung terigu
  2. Aduk rata hingga adonan bergumpal
  3. Setelah itu tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan tidak lengket lagi
  4. Tambahkan macaroni yang telah direbus dan daging asap pada adonan yang sudah licin sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur rata
  5. Tuangkan telur kocok dan bumbu-bumbu, yaitu garam dan merica bubuk.
  6. Terakhir tambahkan keju parut sambil diaduk perlahan-lahan.
  7. Siapkan pinggan kaca yang anti panas dan olesi dengan mentega tipis-tipis agar adonan tidak lengket
  8. Panggang dalam oven atau microwave dengan suhu 170 derajad celcius selama 20 menit.
  9. Setelah waktu yang ditentukan angkat pinggan kemudian rendam bagian bawahnya pada air dingin untuk mendinginkannya selama lebih kurang 20 menit
  10. Setelah itu taburi bagian atas schotel panggang dengan 100 gram keju parut, masukkan ke dalam oven, dan panggang lagi selama 20 menit.
  11. Setelah masak, keluarkan macaroni schotel panggang hasil karya Anda dari oven, potong-potong, dan hidangkan selagi hangat.
Nah, mudah bukan membuat hidangan dari resep macaroni schotel panggang ini? Mulai sekarang Anda tak perlu lagi membeli hidangan ini di café atau restoran karena mulai sekarang Anda pun bisa membuatnya sendiri di dapur rumah. Bahan-bahan untuk membuatnya pun bisa diperoleh di berbagai toko bahan kue dan supermarket terdekat.

Macaroni Schotel Panggang, Cocok untuk Berbagai Suasana

Kuliner Eropa yang sudah sangat populer di tanah air ini selain dapat disantap sendiri bersama keluarga juga sangat cocok sebagai suguhan saat mengadakan arisan, pengajian, atau acara lain. Jika di Indonesia hidangan ini dianggap sebagai snack, di negeri asal kuliner ini, yaitu Belanda, hidangan ini sering dijadikan makanan utama untuk makan siang atau pun malam. Cita rasa macaroni panggang yang gurih, kaya rempah, dan lembut membuat siapa saja menggemari hidangan ini.
Selain itu, bahan campuran yang kaya protein seperti daging, susu, dan keju sangat cocok bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena mengandung banyak nutrisi yang mereka butuhkan. Sebenarnya ada beberapa cara untuk memasak macaroni seperti direbus atau dikukus, tetapi cara mengolah macaroni yang paling populer adalah dengan memanggangnya. Selamat mencoba resep macaroni schotel panggang ini di dapur Anda. Semoga berhasil!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*