Resep masakan ikan kakap putih dan okan mas kukus enak

Seiring dengan semakin maraknya trend hidup sehat di kalangan masyarakat hal ini juga berdampak pada pola hidup termasuk pada pola makan sehari-hari mereka. Saat ini masyarakat sudah semakin mementingkan konsumsi makanan sehat sebagai asupan mereka sehari-hari sehingga cara mengolah makanan tanpa minyak goreng seperti misalnya direbus atau dikukus pun kian diminati, salah satunya adalah resep masakan ikan dengan sistem kukus.

Hidangan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus memang dipercaya lebih sehat karena nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan akan lebih terjaga dan bebas minyak goreng sehingga bebas kolesterol jahat. Berikut ini adalah resep masakan ikan dengan cara dikukus demi gaya hidup sehat Anda.

Resep masakan Ikan Kakap Kukus

Resep masakan Ikan Kakap Kukus

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah ikan kakap dengan cara dikukus adalah sebagai berikut:

  • 250 gram fillet ikan kakap, jangan lupa dicuci hingga bersih sebelum diolah untuk mencegah terjangkit penyakit akibat bakteri
  • 1 sdt perasan air jeruk lemon segar
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 1 siung bawang putih diiris halus
  • 1 buah tomat dicuci bersih kemudian dipotong kotak-kotak
  • 1 batang daun bawang dicincang halus, dan
  • 1 sdt minyak sayur.
  • Bahan sausnya: 2 sdm kecap asin, 1 sdt jahe yang diparut halus, dan 1 siung bawang putih dikupas dan diiris sampai halus.

Cara membuat resep masakan ikan serba kukus ini sangat mudah dan praktis. Berikut adalah beberapa langkahnya:

  1. Pertama campurkan semua bahan sambil diaduk hingga rata, sementara itu panaskan panci pengukus Anda
  2. Jika panci dirasa sudah cukup panas masukkan semua bahan dan kukus selama 30 menit hingga matang
  3. Angkat dan fillet kakap kukus Anda siap dihidangkan bersama nasi hangat yang pulen dan lezat. Jangan lupa tambahkan lalapan mentah sebagai penyegar.

Resep Pepes Ikan Mas Khas Sunda

Selain resep ikan fillet kakap kukus di atas, bagi Anda penyuka kuliner tradisional Anda juga dapat mencoba resep masakan ikan pepes ikan mas dari Sunda. Penyuka kuliner pedas juga pasti akan ketagihan dengan hidangan yang satu ini karena selain citarasanya yang lembut dan gurih rasa pedas nikmat dari cabe rawit juga cukup terasa pada kuliner yang satu ini.

Resep Pepes Ikan Mas Khas Sunda

Bahan yang harus Anda siapkan adalah:

  • 1 ekor ikan mas seberat 0,5 kg (cuci dan siangi) atau bila tidak ada ikan mas Anda bisa menggunakan ikan air tawar jenis lain
  • Untuk bahan penambah aroma siapkan pula 15 daun kemangi, 3 lembar daun salam, tomat hijau dicuci dan diiris, daun pisang sebagai pembungkus
  • Untuk bahan bumbunya sediakan 1 ruas kunyit, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 butir kemiri, dan garam sesuai selera.

Cara memasak:

  1. Bahan-bahan bumbu dihaluskan dengan blender kemudian dilumurkan pada ikan yang telah bersih
  2. Sementara itu, Anda dapat memanaskan alat pengukus Anda
  3. Pada daun pisang yang telah dibersihkan letakkan daun kemangi, salam, dan potongan tomat hijau kemudian letakkan ikan yang telah dilumuri bumbu
  4. Bungkus ikan dengan rapi dan sematkan lidi untuk mengunci bagian atas dan bawah daun pisang
  5. Bila kukusan telah siap, Anda bisa memasukkan bungkusan pepes tersebut. Kukus hingga matang selama sekitar 20 atau 30 menit.

Tunggulah hingga aroma wangi keluar dari kukusan yang menandakan bahwa hidangan sudah matang. Angkat dan sajikan. Anda bisa juga memanggang pepes yang telah matang tersebut sekalian dengan daunnya untuk menambah cita rasa. Hidangkan sesuai selera Anda. Nasi hangat, lalapan segar, ditambah kerupuk akan menambah kenikmatan kuliner ini. Nah, selamat mencoba resep masakan ikan kukus di atas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*