Resep masakan Jawa sehari-hari – Sayur lodeh

Walaupun bukan berasal dari suku Jawa tampaknya masyarakat di Indonesia sudah sangat akrab dengan salah satu menu masakan Jawa yang populer ini, yaitu sayur lodeh. Bukan hanya populer menu sayuran berkuah santan ini juga sangat digemari oleh sebagian besar penduduk di tanah air. Tetapi banyak orang yang enggan memasaknya sendiri karena bumbu-bumbunya yang banyak dan agak rumit untuk mengolahnya. Benarkah demikian? Sebenarnya tidak jika Anda tahu caranya. Nah, jika ingin memasak sendiri kuliner Jawa ini di rumah, berikut ini adalah resep masakan Jawa yang populer yaitu sayur lodeh.

Resep masakan Jawa

Resep Masakan Jawa Tradisional: Sayur Lodeh

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat sayur lodeh adalah:

Bahan Sayur:

  • ¼ butir kol yang dicuci lalu diiris-iris
  • 1 buah wortel dicuci dan dipotong-potong seukuran tusuk gigi
  • 1 buah labu siam dicuci bersih dengan air bercampur garam dan dipotong-potong seukuruan tusuk gigi
  • 12 buah buncis dicuci dan dipotong menjadi dua bagian, dan
  • 1 buah terong dicuci dan dipotong-potong.

Bahan kuah dan bumbu:

  • 1 gelas santan kental sebaiknya yang diperas sendiri dari kelapa asli
  • 2 gelas air
  • ½ sdt kunyit bubuk
  • Minyak canola untuk menumis bila ada, bila tidak ada Anda bisa menggunakan minyak goreng biasa, dan saos ikan bila suka.
  • Sementara itu untuk bumbu pastanya, Anda membutuhkan 8 buah udang kering, 2 cabai merah yang diiris halus, 3 siung bawang merah diiris tipis, 2 siung bawang putih, dan 1 hingga 2 sdm air putih.

Cara membuat resep masakan Jawa ini adalah:

  1. Pertama, blender semua bahan bumbu pasta hingga halus
  2. Tuangkan santan dan dua gelas air dalam panic
  3. Panaskan minyak canola atau minyak goreng dengan api sedang, kemudian masukkan bumbu pasta halus ke dalam minyak yang telah panas
  4. Tumis bumbu pasta hinga keluar aroma harum kemudian tuangkan campuran air dan santan sambil diaduk perlahan hingga kuah mendidih
  5. Masukkan kunyit bubuk dan garam sesuai selera
  6. Setelah mendidih masukkan semua sayuran yang telah dipotong-potong dan aduk hingga rata. Diamkan selama 10 menit kemudian matikan api.
  7. Anda bisa menambahkan saus ikan bila suka. Sayur lodeh untuk 4 porsi ini siap dihidangkan.

Variasi sajian sayur Lodeh

Sayur lodeh ini akan semakin nikmat bila disantap dengan nasi yang masih hangat. Sementara untuk lauknya, Anda bisa menambahkan tempe atau tahu goreng, ikan air tawar goreng, juga sambal terasi buatan sendiri atau sambal terasi instan. Kerupuk ikan atau kerupuk puli akan menambah kenikmatan bersantap Anda. Hidangan sayur lodeh dan aneka lauknya ini sangat cocok untuk hidangan makan siang karena akan terlalu berat jika disantap untuk makan pagi atau pun malam.

Di Jawa Timur terdapat variasi lain dari sayur lodeh ini, yaitu dinamakan jangan lombok atau sayur lombok. “Jangan” adalah terjemahan Bahasa Jawa untuk kata sayur. Mengapa dinamakan sayur lombok, karena memang ditambahkan cabe rawit segar selain berbagai sayuran yang biasa digunakan untuk memasak sayur lodeh. Kuliner ini hanya diperuntukkan bagi penyuka rasa pedas yang ekstrim. Baca juga: Resep Opor Ayam Kampung Istimewa

Selain sayuran di atas ada beberapa sayuran yang juga sering diolah menjadi sayur lodeh, seperti misalnya nangka muda atau yang sering disebut tewel dan bahkan umbi bambu yang masih muda atau rebung. Cukup unik, bukan? Semuanya memang tergantung selera dari penikmat kuliner ini. Nah, siap bereksperimen dengan resep masakan Jawa sehari-hari yang satu ini?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*