Resep masakan praktis untuk sarapan pagi

Banyak ahli gizi merekomendasikan untuk menyempatkan diri makan pagi atau sarapan sebelum Anda mulai beraktifitas. Sebagai menu sarapan Anda tidak perlu menyantap hidangan berat dengan nasi, lauk, dan sayur, tetapi cukup menu makanan yang ringan tetapi sehat. Hidangan sarapan yang bergizi akan cukup memberi tubuh Anda energi agar tidak lesu dan mengantuk saat beraktifitas sehari-hari. Jika Anda tidak sempat menyantap hidangan sarapan di rumah, Anda bisa membuat bekal sarapan untuk dimakan di kantor. Sebagai inspirasi Anda dapat mencoba resep masakan praktis untuk sarapan berikut ini.

Resep Masakan Praktis

Resep Masakan Praktis untuk Sarapan

Sandwich
Walaupun bukan merupakan kuliner asli Indonesia, sandwich juga sangat digemari di Indonesia karena mudah dibuat, praktis untuk dibawa sebagai bekal, dan juga cukup menyehatkan. Putra-putri anda yang masih sekolah tentunya juga menyukai menu ini. Bahan yang Anda butuhkan dan cara untuk membuat sandwich adalah sebagai berikut:

Resep Masakan Praktis untuk Sarapan
  • Bahan: 10 lembar roti gandum, 6 lembar keju, 5 lembar daging asap yang sudah masak, 10 lembar daun selada, 150 gr daging ikan tuna atau sarden kaleng, 5 buah telur mata sapi, mentega rendah lemak secukupnya.
  • Saus: campurkan 100 gram mayonais, 2 sdm susu, 3 sdm saus tomat atau saus sambal, dan 25 gram keju parut.
  • Cara penyajian: ambil selembar roti gandum dan oles dengan mentega kemudian adonan saus. Setelah itu letakkan selembar daun selada, daging tuna kalengan, telur mata sapi, keju, daging asap, dan tutup dengan selembar roti gandum kembali. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan untuk membuat 6 buah sandwich.


Telur rebus
Jika Anda benar-benar tidak punya waktu untuk memasak resep masakan praktis untuk sarapan seperti bubur ayam atau sandwich, Anda bisa menyantap 2 butir telur rebus sebelum berangkat ke kantor. Ini adalah menu yang paling sederhana tetapi kaya gizi dan manfaat. Telur mengandung banyak protein dan mampu membuat perut Anda tetap kenyang dalam waktu yang lama. Bagi yang tengah berdiet Anda bisa menyantap bagian putih telurnya saja.

Omelet
Membuat omelet sebagai hidangan makan pagi Anda sebenarnya sesederhana membuat telur dadar biasa hanya saja Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain untuk menambah nilai gizi dari masakan Anda tersebut. Sebagai campurannya Anda bisa menambahkan sayuran seperti bayam, brokoli, tomat, daging, atau menaburkan keju parut rendah lemak pada omelet yang sudah matang.

Menu Masakan Praktis untuk Sarapan

Bahan-bahan dan cara untuk membuat omelet adalah sebagai berikut:

  1. Bahan: 3 butir telur, 2 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah dikupas dan diiris tipis, merica, dan garam secukupnya.
  2. Cara memasak: Tumis bawang putih dan bawang merah hingga beraroma harum kemudian masukkan sayuran atau daging yang telah Anda siapkan hingga matang. Sementara itu tuangkan telur yang sudah dikocok ke dalam wajan dan masak hingga setengah matang kemudan tambahkan sayuran dan daging lalu masak kembali matang. Selain dimakan sebagai lauk, Anda juga dapat menyantap hidangan ini dengan roti gandum atau roti tawar.

Beras Merah
Bila Anda adalah tipe orang Indonesia yang tidak dapat meninggalkan nasi pada menu makanan harian Anda, mungkin untuk sarapan Anda bisa mencoba menyantap nasi merah. Nasi merah yang terbuat dari beras merah mempunyai beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan nasi putih biasa. Nasi merah yang kaya serat mampu membuat perut Anda kenyang dalam waktu yang panjang sehingga cocok bagi Anda yang tengah menjalankan diet.

Sementara itu, untuk lauknya, Anda dapat menyantap nasi merah dengan lauk yang biasanya Anda makan dalam menu harian Anda. Nah, mudah bukan mempraktekkan resep masakan praktis untuk sarapan Anda di pagi hari?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*