Resep Nasi Bakar Teri Ayam Pedas Spesial Enak

Nasi memang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah agraris. Indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah membuat masyaratnya selalu memberikan inovasi baru dalam membuat resep makanan. Berbagai macam jenis makanan olahan nasi semakin familiar bagi masyarakat Indonesia. Salah satu sajian yang patut anda coba masak di rumah adalah resep nasi bakar ayam spesial. Nasi bakar memang terdengar unik dengan penyajian yang berbeda. Rasanya yang lezat tidak kalah dengan olahan nasi lainnya, dan cara penyiapannya juga tidak begitu rumit.

Resep Nasi Bakar Ayam Spesial

Resep Nasi Bakar Ayam Spesial Mudah

Jika anda takut tidak akan mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ini. Maka bersenang hatilah karena bahan resep nasi bakar ayam special ini sangat mudah didapatkan. Anda bisa mendapatkannya di swalayan ataupun pasar tradisional. Bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • 2 piring nasi putih yang sudah dingin ataupun masih panas
  • 1 ikat kecil daun kemangi yang masih segar
  • 3 sdm kecap manis kental
  • Mentega ataupun margarin untuk menumis bumbu
  • 330 gr daging ayam fillet yang sudah dipotong dadu
  • 3 sdm teri medang yang telah di goreng (bisa dihilangkan atau diganti sesuai selera), dan
  • Daun pisang untuk membungkus nasi.

Siapkan bahan tersebut sebelum membuat nasi bakar ayam spesial.

Bumbu yang dihaluskan:

  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt garam
  • 4 siung bawang merah yang telah dipotong, dan
  • 2 siung bawang putih

Tips: Jika anda menyukai makanan yang pedas, bisa tambahkan beberapa cabai. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dengan menggunakan blender atau menghaluskannya dengan cara tradisional. Bahan resep nasi bakar ini sangat mudah dan cepat untuk didapatkan.

Cara Membuat Nasi Bakar Enak
Langkah pertama untuk membuat resep nasi bakar yang enak adalah sebagai berikut:

  1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan mentega atau margarin yang secukupnya. Tunggu hingga harum
  2. Setelah itu, masukkan daging ayam dan aduk dengan rata lalu tambahkan kecap manis kental. Biarkan beberapa menit sampai bumbunya meresap dan ayamnya menyusut
  3. Kemudian masukkan daun kemangi, aduk hingga daun tersebut layu dan sisihkan.
  4. Siapkan 4 set daun pisang yang telah dibersihkan. Masing-masing 2 lembar daun yang lebar. Lalu hadapkan daun yang berwarna gelap ke arah atas atau sisi luar
  5. Ambil setengah nasi dan letakkan di atas daun
  6. Beri seperempat bagian ayam dan bungkus menyerupai bungkusan lontong lalu lipat ujung-ujungnya dengan lidi yang telah ditajamkan
  7. Kukus selama kurang lebih 15 menit agar bumbunya menyatu dan warna daunnya agak sedikit layu.
  8. Kemudian panggang kedua sisi dengan api kecil. Anda bisa memanggangnya dengan oven, kompor atau cara yang tradisional. Resep nasi bakar ayam spesial ini sudah selesai.

Nasi bakar ayam spesial dapat anda sajikan pada piring yang besar. Lalu buka bungkusan nasi bakar ayam spesial tersebut dengan cara menarik lidi pada daun pisang. Setelah itu, tidak perlu sajikan bersama lauk karena sudah ada lauk di dalamnya; namun, anda bisa melengkapi sajiannya dengan tempe atau tahu goreng beserta sayur lalapan. Cukup buat minuman yang disukai keluarga. Maka, quality time anda bersama keluarga akan lebih bermakna dan berkesan. Resep nasi bakar ayam spesial ini juga bisa anda bagikan kepada teman kantor maupun sahabat dan tetangga. Nasi bakar spesial yang bisa dengan mudah disajikan dirumah di waktu-waktu tertentu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*