Resep perkedel kentang kornet enak, praktis dan lezat

Lauk yang sering dimakan sebagai teman hidangan sup sayur ini mungkin sudah akrab dalam keseharian kita, tetapi tahukah Anda bahwa perkedel kentang sebenarnya adalah masakan dari Eropa atau lebih tepatnya dari Belanda dan Jerman. Di Belanda perkedel disebut Frikadel, sementara di negara tetangganya disebut dengan Frikadelle. Resep perkedel kentang ini tentu terbawa saat Indonesia sempat menjadi jajahan negara Belanda tetapi tentu dengan modifikasi yang lebih sesuai dengan lidah kita.

Hal  ini tentu tidak mengherankan karena telah sejak lama kentang menjadi hidangan pokok di negara-negara Eropa. Berikut ini adalah resep untuk membuat perkedel kentang yang mudah dan lezat.

Resep Perkedel Kentang

Resep Perkedel Kentang yang Enak dan Mudah Dibuat

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk menyiapkan hidangan ini adalah:

  • ½ kg kentang yang dikupas dan direndam dalam air (satu tips lagi dalam mengolah kentang adalah, saat kentang selesai dikupas segera rendam dalam air agar kentang tidak teroksidasi sehingga warnanya berubah menjadi kecoklatan)
  • 1 butir telur (pisahkan putih dan kuningnya)
  • ¼ sdt merica putih halus
  • Pala halus dan garam sesuai selera
  • 1 sdm bawang merah digoreng dan dilumatkan
  • ½ atau 1 batang seledri diiris halus
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat hidangan perkedel kentang

  1. Pertama goreng kentang dalam wajan dengan minyak yang banyak dan panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Jangan sampai gosong agar perkedel kentang Anda tidak terasa pahit
  2. Setelah kentang matang, angkat dan tiriskan kemudian lumatkan dalam keadaan masih panas dengan ulekan
  3. Campur bumbu yang terdiri dari bawang merah goreng, daun seledri, pala, dan merica lalu aduk hingga merata
  4. Setelah bumbu tercampur rata masukkan kuning telur dan aduk kembali dengan kentang halus.
  5. Bentuk kentang menjadi berbentuk bulatan agak pipih agar dapat matang sempurna saat proses menggoreng
  6. Buat bulatan seperti itu terus hingga adonan kentang habis kemudian gulingkan pada putih telur sebagai pelapis dan perekat kentang.

Sementara itu panaskan minyak goreng dan masukkan adonan kentang ke dalam wajan lalu goreng hingga matang atau berwarna kuning keemasan. Perkedel kentang ini dapat menjadi lauk teman makan nasi atau bisa juga sebagai cemilan teman minum teh di sore hari. Jika suka Anda dapat menambahkan daging sapi cincang atau sosis ke dalam adonan kentang Anda.

Antara Perkedel dan Frikadel

Selain namanya yang berbeda, apa sesungguhnya perbedaan perkedel dan Frikadel? Pada hidangan Frikadel perbandingan bahan yang digunakan adalah lebih banyak daging daripada kentang. Daging yang digunakan untuk membuat Frikadel bisa daging sapi atau babi yang dicincang halus atau campuran dari kedua daging tersebut. Sementara bumbu yang digunakan adalah  bawang, susu, tepung roti, telur, garam, merica, dan sedikit tepung.

Sementara itu, resep perkedel kentang ala Indonesia komposisi daging yang digunakan tidak sebanyak seperti Frikadel dan bahan utama dapat diganti dengan umbi-umbian lain atau jagung. Ubi jalar, singkong, atau bahkan jagung dapat pula dimasak sesuai dengan resep membuat perkedel. Perkedel jagung sering juga disebut dadar jagung atau bakwan jagung yang rasanya tak kalah lezat dengan perkedel kentang.

Ternyata tak hanya populer di Belanda dan Jerman hidangan ini juga sangat dikenal  di beberapa negara Eropa Timur seperti Ukraina, Estonia, Lithuania, dan masih banyak lagi. Perkedel kentang juga merupakan hidangan yang banyak dimasak oleh wanita-wanita di Afrika. Nah, selamat mencoba resep perkedel kentang ala Indonesia.

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


    *