Mengapa Air Laut Asin? Ini Penjelasannya

Pernahkah kamu bertanya mengapa air laut asin rasanya? Jika iya berarti kamu termasuk tipe orang yang haus ilmu dan selalu berpikir kritis terhadap fenomena yang ada di lingkungan kita. Mungkin kita juga bertanya-tanya kenapa hanya air laut saja yang asin, lalu kenapa air sungai, air hujan, dan air danau tidak asin ? Sebenarnya air yang ada di muka bumi ini semuanya mengandung garam, hanya saja jumlahnya yang berbeda. Berikut penjelasannya.

kenapa air laut asin

Mencermati siklus air 

Pertama kita pahami dulu siklus air pada gambar di bawah. Kita melihat bahwa sumber air laut berasal dari sungai yang berada di permukaan maupun sungai bawah tanah. Pada gambar di atas digambarkan dengan aliran sungai dan limpasan air pemukaan kemudian untuk sungai bawah tanah digambarkan dengan cadangan air tanah. Ketika terjadi hujan air di permukaan akan meresap ke dalam tanah dan membawa garam mineral yang ada di lapisan tanah. Yang selanjutnya pasti akan di kirim ke laut. Begitu juga dengan sungai permukaan juga membawa garam mineral tapi jumlahnya sangat sedikit, itulah sebabnya kenapa air sungai di permukaan rasanya tawar. Namun, ingat kata pepatah bahwa sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Apalagi air sungai yang menuju laut itu jumlah sangat buanyak sekali.

Lalu, kenapa hanya air laut yang menjadi asin ?

Pada saat terjadi penguapan air laut, yang hanya menguap adalah airnya saja, tidak bersama garam mineralnya. Sehingga jumlah garam menjadi lebih banyak namun airnya sedikit. Ditambah lagi dengan luas permukaan laut yang sangat besar maka penguapan akan menjadi lebih cepat. Itu yang menyebabkan konsentrasi garam pada air laut juga akan meningkat. Selain itu, para ahli juga percaya bahwa garam dari laut juga berasal dari retakan-retakan yang ada dalam dasar laut yang tentu saja juga banyak mengandung garam.

Jika kamu bertanya kenapa air sungai tidak asin? jawabannya adalah karena luas permukaan sungai yang lebih kecil sehingga penguapannya tidak secepat air laut. Beda kasusnya dengan danau, meskipun danau memiliki luas permukaan yang cukup besar, namun sifat dari danau adalah menerima air sungai kemudian juga mengalirkan air sungai. Sehingga garam yang didapat dari air sungai juga akan dialirkan lagi melalui aliran sungai yang kelaur dari danau. 

Begitu teman-teman alasan mengapa air laut rasanya asin. Sudah jelas kan ? Baca juga pengetahuan lainnya mengenai penyebab langit berwarna biru. Selamat membaca ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*