Resep Cake Keju Kukus Lembut Manis dan Gurih

Siapa yang tidak suka dengan cake? Rasa manis yang selalu dihadirkan olehnya membuat semua orang menyukai penganan ini. Di samping itu, cake keju memiliki tekstur lembut yang lumer di mulut setiap kali menyantapnya. Salah satu varian resep cake yang sangat populer adalah resep cake keju kukus. Dinamakan demikian karena cake ini berbahan utama keju dan dimasak dengan cara dikukus. Untuk bahan lainnya hampir sama dengan resep cake lain.

Resep Cake Keju Kukus Manis dan Gurih

Biasanya keju yang digunakan adalah keju cheddar atau sering juga disebut keju parut. Semakin baik kualitas kejunya, maka semakin lezat rasa yang dihasilkan. Selain dikukus, cake ini juga bisa dipanggang dan biasa dinamakan dengan cake keju panggang. Walaupun dikukus tetap tidak mengurangi kelezatan cake ini.

Resep Cake Keju Kukus dan Cara Membuatnya

Cake keju kukus sangat umum dan sering tersedia di toko-toko bakery. Anda bisa membelinya kapan saja. Namun tidak ada salahnya jika mencoba membuatnya di rumah dan menyajikannya kepada keluarga. Selain bisa berhemat, tentunya membuat sendiri di rumah akan lebih sehat dan terjamin kualitasnya. Berikut ini akan diberikan resep cake keju kukus.

Bahan:

  • Tepung Terigu Protein Sedang, 200 gram
  • Gula Pasir, 200 gram
  • Telur ayam, 6 butir
  • Emulsifier/TBM/Ovalet, 1 sdm
  • Susu Bubuk, 60 gram
  • Margarin, 100 gram

Bahan Olesan:

  • Buttercream, 125 gram
  • Keju Cheddar, 130 gram
  • Stroberi secukupnya/sesuai selera

Bahan Cream Cheese:

  • Keju parut, 300 gram
  • Susu cair, 200 ml

Cara Membuat:

  1. Siapkan loyang, olesi permukaannya dengan margarin dan taburi dengan sedikit tepung terigu. Lalu sisihkan.
  2. Untuk membuat cream cheese, campurkan keju parut dan susu cair. Lalu hangatkan sampai keju larut dan dinginkan.
  3. Kocok cream cheese yang telah didinginkan dengan margarin sampai halus lalu sisihkan.
  4. Kocok telur ayam,gula pasir, emulsifier/TBM/ovalet dengan kecepatan tinggi sampai putih, kental dan mengembang.
  5. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk. Aduk sampai rata dengan menggunakan spatula.
  6. Tuang adonan kedalam loyang dan kukus selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan dinginkan.
  7. Untuk penyajian. Letakkan kue di tempatnya lalu olesi dengan buttercream dan taburi keju parut/cheddar diatasnya. Hiasi dengan stroberi.

Citarasa Resep Cake Keju Kukus

Bagaimana cita rasa cake ini? Dari bahan yang digunakan bisa dibayangkan cake ini tidak hanya memiliki rasa manis namun juga ada rasa gurih di dalamnya. Rasa gurih itu berasal dari keju. Sensasi perpaduan antara rasa manis dan gurih akan membuat kita tidak merasa eneg atau jeleh saat mengkonsumsinya. Untuk memberikan rasa segar pada kue, seringkali ditambahkan buah pada topping. Buah yang sering digunakan adalah stroberi. Rasa asam akan berpadu dengan manis dan gurihnya cake ini.

Cake ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan lebih lembut dibanding cake jenis lain. Hal ini disebabkan oleh adanya keju pada adonannya. Untuk memberikan varian rasa, cake ini terkadang diberikan tambahan pewarna dan perasa pandan atau varian rasa lainnya. Tergantung pada selera dan imajinasi terhadap citarasa kue ini. Dan untuk menguatkan rasa kejunya, selain ditambahkan buah pada toppingnya, sering juga ditambahkan taburan keju parut diatasnya.

Demikian Resep cake keju kukus lembut  dan cara membuatnya. Semoga resep ini bermanfaat dan silahkan mencobanya di dapur Anda. Selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*