Resep ikan kembung bakar bumbu pedas gurih enak

Masyarakat modern selalu mengasosiasikan ikan yang bernutrisi tinggi dengan ikan bawal atau jenis ikan salmon yang berharga mahal. Siapa yang menyangka kalau ternyata kandungan nutrisi ikan kembung tidak kalah banyaknya. Di dalam ikan kembung terdapat omega 3 yang setara dengan ikan salmon. Akan tetapi, yang jadi permasalahan adalah, banyak orang tidak tahu bagaimana cara mengolah ikan kembung menjadi santapan yang menarik. Untuk itu, resep ikan kembung bakar bawang dapat menjadi hidangan istimewa anda dan keluarga menyambut tahun baru ini.

Resep Ikan Kembung Bakar Bumbu Bawang

Resep Ikan Kembung Bakar


Bahan
Untuk membuat ikan kembung bakar bawang, maka hal pertama yang harus disiapkan adalah bahan-bahan berikut ini:

  • 500 gram ikan kembung como/ salem, bisa dibeli di supermarket atau di pasar terdekat.
  • 2 sendok makan minyak sayur.
  • 1 sendok makan kecap asin.

Setelah bahan-bahan disiapkan, siapkan pula bumbu halus dari resep ikan kembung bakar bawang. Berikut bumbu halus yang harus disiapkan, antara lain:

  • 2 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • ½ sendok teh merica butiran
  • ½ sendok teh garam

Nah, setelah bahan-bahan dan juga bumbu halus untuk resep ikan kembung bakar bawang ini siap, anda bisa memulai proses pengolahannya.

Cara Memasak:

  1. Potong kepala ikan terlebih dahulu, kemudian belah kedua sisi badan ikan menjadi beberapa bagian. Jika yang digunakan adalah ikan kembung besar, maka potong menjadi 2 bagian. Setelah itu, barulah dicuci bersih dan tiriskan.
  2. Remas-remas ikan dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma ikan yang mungkin tidak semua orang menyukainya, dan sisihkan.
  3. Aduk minyak dengan bumbu halus hingga rata ke dalam sebuah baskom.
  4. Sesudah semua bumbu tercampur rata, maka segera lumuri ikan kembung yang telah ditiriskan tadi bersama dengan bumbu yang baru diaduk, kemudian diamkan selama 1 jam supaya bumbu meresap sempurna.
  5. Setelah 1 jam, bakar ikan di atas bara api sambil dibalik-balik hingga matang kedua sisinya secara rata.
  6. Setelah cukup matang, angkat dan letakkan ikan kembung bakar di atas sebuah piring (bisa juga ditambahkan dengan taburan nori bubuk diatasnya).

Nah, sekarang resep ikan kembung bakar bawang kreasi anda sudah jadi dan siap untuk disantap.

Resep Ikan Kembung Bakar Bumbu Padang

Resep Ikan Kembung

Selain bumbu bawang di atas, anda juga bisa mencoba resep ikan kembung bakar bumbu Padang. Bahan dan pengolahannya juga tidak kalah sederhana. Siapkan bahan berikut:

  • Bahan Utama: 1 kg ikan kembung yang sudah dibersihkan, air dari 1 buah jeruk nipis, garam 1 sendok makan, dan santan kental 200 ml.
  • Bahan bumbu halus: cabai merah 12 bah, bawang merah 10 butir, kunyit 4 cm, jahe 4 cm, lengkuas 3 cm, dan tomat 1 bh.

Pengolahan: Lumuri ikan menggunakan sari jeruk nipis dan biarkan bumbu meresap selama lebih kurang 15 menit. campur santan dengan bumbu halus, masak hingga mengental dan berminyak. Kemudian, lumuri ikan dengan bumbu santan yang telah dimasak tadi, dan panggang di atas api arang hingga matang sempurna. Maka, resep ikan kembung bakar bumbu Padang anda sudah siap dihidangkan.

Selain dua resep ikan kembung bakar di atas, masih ada beberapa variasi lain. Di antaranya adalah resep ikan kembung bakar bumbu pedas, ikan kembung bakar bumbu pesmol, ikan kembung bakar rawit,  ikan kembung bakar tumis sayuran, dan lain-lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*