Resep Tempe Bacem Jawa Enak Sederhana

Tempe merupakan makanan khas tradisional Indonesia yang disukai hampir seluruh masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda, bahwa hak paten tempe dimiliki oleh Jepang dan Amerika bukan Indonesia. Padahal Indonesia memiliki berbagai macam resep olahan tempe yang diwariskan oleh para leluhur, salah satunya adalah Resep Tempe Bacem. Tempe Bacem ini sangat nikmat untuk disantap bersama nasi maupun untuk dijadikan cemilan.

Resep Tempe Bacem Praktis Dan Mudah

Resep tempe bacem berasal dari daerah Jawa; cita rasanya manis dan gurih, pas untuk lidah orang Jawa. Tempe Bacem merupakan makanan dengan bahan utama tempe yang diolah dengan cara direbus dengan bumbu-bumbu dan gula merah. Awalnya, resep ini dibuat agar dapat langsung dikonsumsi tanpa digoreng, sehingga dapat menghemat biaya. Namun pada saat ini, Tempe Bacem selalu disajikan setelah digoreng.

Resep Tempe Bacem dan Cara Membuatnya

Resep tempe bacem sangat mudah untuk Anda praktekkan, karena menggunakan bahan utama dan bumbu-bumbu yang mudah didapatkan di pasaran.

Bahan-bahan:

  • Tempe (1 papan), dipotong-potong sesuai selera Anda
  • Air kelapa ± 700cc
  • Gula merah (jika Anda suka rasa manis, tambahi sesuai selera), 200 gram

Bumbu-bumbu:

  • Serai, dimemarkan menggunakan pisau, 1 batang
  • Lengkuas, dimemarkan menggunakan pisau, 1 ruas jari
  • Asam jawa ½ sdt
  • Daun Salam, 2 lembar
  • Bawang Merah, 6 siung
  • Bawang Putih, 2 siung
  • Kemiri, 3 butir
  • Ketumbar, 1 sdm
  • Garam secukupnya

Cara Pengolahan Resep Tempe Bacem:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar
  2. Rebus air kelapa beserta tempe dan bumbu yang sudah dihaluskan
  3. Kemudian masukkan serai, lengkuas, daun salam, dan asam jawa
  4. Kemudian masukkan gula merah yang sudah diiris halus beserta garam secukupnya
  5. Rebus dengan api kecil dan biarkan hingga bumbu meresap (hingga air kelapa hampir kering)
  6. Jika sudah, selanjutnya goreng tempe hingga berwarna kecoklatan.

Tips Membuat Resep Tempe Bacem Enak

Terkadang tempe bacem juga ada yang rasanya tidak gurih dan berbau langu. Hal ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti kualitas tempe yang kurang baik. Tempe merupakan makanan olahan berbahan dasar kedelai yang difermentasikan dengan ragi. Kualitas ragi inilah yang akan mempengaruhi kualitas dari tempe.

Meminimalisir bau tempe
Untuk meminimalisir bau tempe yang kurang sedap, kuncinya ada pada awal pengolahan resep tempe bacem. Ketika menyiapkan air rebusan, masukkan tempe dengan daun salam dan garam terlebih dahulu sebelum memasukkan bumbu-bumbu lainnya. Selanjutnya, untuk mendapatkan cita rasa yang lebih gurih dan nikmat Anda dapat menggunakan air kelapa untuk merebus tempe dan bumbu-bumbu lainnya. Penggunaan air kelapa juga akan melembutkan tekstur tempe, sehingga pada saat disantap tempe tidak akan terasa keras.

Agar bumbu meresep dengan baik
Agar bumbu Resep Tempe Bacem meresap ke dalam setiap lapisan tempe, usahakan setiap potongan tempe terendam ke dalam air yang berisi campuran bumbu. Masak dengan api kecil hingga air rebusan menjadi surut (hampir kering). Tapi jangan sampai air rebusan kering, karena akan menyebabkan tempe menjadi gosong. Jika ingin menambah sensasi rasa asli tempe bacem, masak menggunakan tembikar dengan kayu bakar.

Goreng dengan minyak panas
Goreng tempe yang sudah direbus menggunakan minyak panas dengan api kecil. Hal ini dilakukan agar tempe dapat matang dengan sempurna dan tidak gosong. Jika sudah berwarna kecoklatan segera angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat, karena tempe bacem akan lebih nikmat disantap ketika masih hangat.

Resep tempe bacem Jawa ini tentunya sangat mudah dan praktis untuk dicoba karena tidak memerlukan keahlian memasak secara khusus, hanya butuh kesabaran saja dalam mengolahnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*