Cara Cek IMEI untuk Mengetahui Keaslian HP Kamu

Cara cek IMEI ini sangat berguna sekali untuk mengetahui keaslian HP yang kamu miliki. IMEI merupakan kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity yang menandakan identitas khusus dari setiap handphone yang diproduksi di seluruh dunia. Jadi setiap pabrikan handphone harus menyertakan nomor IMEI tersebut yang mana nomor tersebut unik dan tidak ada yang menduplikasinya. Seperti halnya ketika ketika bayi baru lahir harus dikasih nama tapi bedanya nama tersebut tidak boleh sama dengan nama bayi lainnya.

cek imei

IMEI terdiri dari 14-16 digit nomor yang teregistrasi secara internasional dan tertera pada dus handphone saat pertama kali membeli atau disertakan pada kwitansi pembayaran. Nomor IMEI ini juga digunakan sebagai identifikasi ketika Anda klaim garansi ke service center resmi. Lebih hebat lagi jika handphone kamu dicuri maka Anda dapat telepon ke provider jaringan kamu lalu meminta untuk mem-blokir handphone berdasarkan nomor IMEI tersebut. Pihak kepolisian juga menggunakan nomor ini untuk identifikasi jika terjadi pencurian.

Lalu bagaimana untuk cek IMEI dari handphone? Entah itu handphone Nokia lama hingga smartphone Android dari Samsung, Lenovo, dan lainnya tetap bisa menggunakan cara ini. Caranya sangat mudah sekali yaitu

Tekan *#06# maka akan muncul nomor IMEI kamu

Setelah muncul nomor tersebut pastikan nomor IMEI tersebut cocok dengan nomor IMEI yang tertera pada dus handphone ketika pertama beli. Yang kedua kamu bisa cek melalui website http://www.imei.info/ untuk mengetahui informasi mengenai handphone yang Anda miliki. Jika informasinyanya cocok bisa dipastikan bahwa handphone yang Anda miliki adalah asli. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*