Mengapa Kabel Listrik Bertegangan Tinggi Dipasang Agak Kendur

Listrik telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sekarang ini. Semua alat elektronik pasti membutuhkan listrik agar dapat digunakan. Meskipun kita menggunakan listrik setiap hari tetapi apakah kita pernah memperhatikan instalasi kabel listrik bertegangan tinggi di lingkungan kita dipasang agak kendur? PLN sebagai perusahaan penyedia listrik di negeri kita pasti tahu jawabannya. Listrik yang dialirkan melalui kabel-kabel panjang yang menjulur puluhan hingga ratusan kilometer.  Jika diperhatikan dengan seksama, instalasi kabel yang menjulur diantara tiang listrik maupun sutet pasti agak kendur di siang hari dan akan sedikit tegang pada malam hari.

mengapa kabel kendur

Jadi, semua zat di alam ini jika terkena panas akan memuai kemudian akan menyusut jika suhu menjadi dingin. Kabel listrik yang terpasang di luar ruangan pasti akan bersentuhan langsung dengan cuaca yang pada siang hari pasti akan terjadi panas sehingga kabel akan memuai (kendur). Kemudian ketika malam datang suhu akan semakin turun sehingga kabel akan menyusut dan menjadi tegang. Itulah alasannya kenapa kabel listrik tegangan tiggi dipasang kendur agar saat suhu menjadi dingin kabel tidak akan putus karena menyusutnya masih dalam batas toleransi. Bayangkan jika kabel dipasang kencang saat siang hari, maka saat malam hari kabel menjadi sangat kencang dan tegang yang akan menyebabkan putus.

Prinsip ini juga digunakan saat memasang rel kereta api, setiap sambungan rel dipasang dengan memberi sedikit celah agar saat terjadi pemuaian sambungan antar rel tidak saling bertumbukan yang akan menyebabkan rel menjadi bengkong. Gimana sudah jelas kan teman-teman? Akhir kata terima kasih ya telah mampir di blog selalutanyamengapa.blogspot.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*