Resep bolu kukus mekar dan lembut enak seperti kapas

Jajanan pasar memang sangat menggiurkan untuk dicicipi. Jika anda menyukai kue bolu, wajib mencoba resep bolu kukus mekar seperti kapas. Rasanya yang enak, tekstur lembut, dengan bentuk merekah seperti bunga dan berwarna-warni layaknya pelangi menjadikan makanan ini sebagai favorit banyak orang. Kue ini memang mudah sekali ditemukan di toko kue ataupun pasar tradisional, tapi tentu akan lebih menyenangkan bila anda membuatnya sendiri, dapat menyajikan camilan lezat bagi keluarga sebagai teman minum teh.

Resep Bolu Kukus Mekar Sederhana

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar Lembut

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 225 ml minuman soda tawar (sprite atau f&n)
  • 275 gr tepung terigu kadar protein sedang
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt esens vanili 
  • 2 sdt emulsifier (tbm atau sp)
  • 2 tetes pewarna makanan 1 (misalnya hijau, biru dan lainnya)
  • 2 tetes pewarna makanan 2 (misalnya pink, merah dan lainnya)

Bahan-bahan itu adalah langkah awal untuk mempraktekkan resep bolu kukus mekar. Pertama, gula pasir, telur dan juga emulsifier dicampurkan menjadi satu, kemudian dikocok sampai menjadi kaku, kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu, saring atau ayak tepung terigu dan baking powder, lalu dicampurkan minuman bersoda ke dalamnya. Kocok perlahan. Jika telah selesai, masukkanlah esens vanili, kemudian anduk sampai rata.

Untuk mempercantik penampilan kue dalam resep bolu kukus mekar ini, anda dapat memisahkan adonan menjadi dua bagian, 50 gram adonan bagian pertama diberikan pewarna 1 dan diaduk sampai rata. Lalu, ambil 50 gram adonan lain dan mulai memberikan pewarna dua , lalu diaduk juga hingga rata. Adonan sisanya, dibiarkan saja tetap berwarna putih.

Tahap selanjutnya dalam pembuatan bolu kukus mekar adalah memasukkan adonan putih ke dalam cetakan bolu kukus yang sebelumnya telah dilapisi kertas kue. Lalu anda dapat berkreasi dengan mulai menambahkan adonan warna 1 dan 2 di sisi atas. Selanjutnya adalah mengukusnya dalam api besar selama 10 menit.

Variasi Resep Bolu Kukus Mekar Sederhana

Resep bolu kukus mekar ini menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh, baik di warung, pasar ataupun supermarket. Bila anda tidak ingin menggunakan soda atau sprite ke dalam adonan, tak masalah, karena anda bisa untuk tidak memakainya, karena saat ini telah banyak tersedia pengembang makanan yang ada dipasaran. Warna yang diberikan pada bolu ini juga dapat dikreasikan sendiri, sehingga akan menghasilkan bolu kukus yang berwarna-warni.

Untuk menghasilkan kue yang sempurna pada resep bolu kukus mekar menggunakan pengembang dan emulsifier. Baking powder yaitu bahan pengembang yang sering digunakan untuk membuat cake atau kue kering. Fungsinya adalah sebagai perenyah. TBM merupakan emulsifier serbaguna karena dapat digunakan untuk berbagai macam kue. Kegunaannya untuk memperbaiki tekstur kue agar menjadi lebih lembut, sedangkan SP memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan TBM, yakni untuk menjadikan adonan homogen. Bentuk SP adalah pasta.

Emulsifier dan pengembang tersebut dapat membantu anda untuk menghasilkan kue yang enak. Sehingga jangan pernah terlewat untuk menggunakannya. Dipasaran sudah tersedia merk dagang yang beragam. Untuk baking powder dengan merk dagang cap Koepoe-Koepoe, Pesawat Angkasa, Royal, Davis dan lainnya, TBM dengan merk cap Koepoe-Koepoe, sedangkan SP yaitu cap Koepoe-Koepoe, SP Nova, SP Baker Cream dan lainnya. Dengan bantuannya rasa bolu kukus menjadi lezat, bentuk bak bunga cantik ditambah proses pembuatan kue yang mudah, menjadikan resep bolu kukus mekar dan Lembut ini patut untuk dicoba di rumah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*