Resep brownies kukus lapis coklat sederhana dan spesial

Apakah anda termasuk orang yang senang dengan camilan manis? Mungkin anda sebaiknya mencoba resep brownies kukus sederhana. Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut, apalagi dipadukan dengan rasa cokelat yang manis. Kelezatannya dapat membuat anda terus menikmatinya sampai tak tersisa. Brownies merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar, bahkan tak sedikit orang yang menjadikannya buah tangan atau menyajikannya di acara spesial seperti Lebaran dan ulang tahun.

Resep Brownies Kukus Sederhana dan Murah

Cara Membuat Brownies Kukus Sederhana

Bahan:

  • 60 ml minyak goreng
  • 30 gr cokelat bubuk
  • 4 butir telur
  • 5 sdm susu kental manis cokelat
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 125 gr gula pasir
  • ½ sdt garam
  •  ½ sdt baking powder
  • 50 gr kacang tanah cincang oven
  • 50 gr butter cream

Bahan tersebut adalah langkah awal untuk mengikuti resep brownies kukus sederhana. Pertama, kocok telur dan gula sampai mengembang. Kemudian, masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, garam dan baking powder, lalu aduk rata. Setelah itu, tambahkan susu kental manis cokelat dan juga minyak, aduk perlahan. Langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melapisi loyang ukuran 12 x 24 x 4 cm dengan margarin dan dialasi kertas roti.

Secara perlahan, tuangkan adonan tadi ke dalam loyang yang telah disiapkan. Proses pengukusan dilakukan selama 20 menit di atas api sedang. Setelah matang, olesi kue dengan butter cream, lalu bagian atasnya ditaburi dengan kacang tanah yang telah dicincang. Maka resep brownies kukus sederhana ini telah selesai dilakukan dan kue siap untuk disajikan bersama teh manis hangat, sebagai teman mengobrol atau berkumpul bersama keluarga.

Variasi Resep Brownies Kukus Sederhana

Resep brownies kukus sederhana ini menggunakan cokelat sebagai perasanya. Tapi, bagi anda yang ingin mencoba dan berkreasi dengan rasa baru, dapat menambahkan talas kukus ke dalam adonan. Proses pembuatannya sama saja, yakni tetap memberikan cokelat, tapi sebaiknya talas kukus yang akan dipergunakan, sebelumnya telah dihaluskan atau dihancurkan terlebih dahulu. Sehingga lebih memudahkan saat pencampuran semua bahan.

Variasi lain dalam resep brownies kukus sederhana yaitu dengan menambahkan pasta pandan (dapat dibeli di toko) atau menggunakan tepung ketan hitam (menggunakan santan dan tidak memakai cokelat). Anda dapat memilih variannya sesuai selera. Hiasan di bagian atas kue pun dapat diganti dengan parutan keju, bila anda kurang suka dengan kacang tanah. Menarik sekali bukan? Anda jadi dapat mencoba-coba resep dan menemukan varian rasa yang sesuai dengan lidah anda dan keluarga. Baca juga: Aneka Resep Kue Basah Kukus

Pada variasi brownies kukus sederhana diperlukan cokelat, kecuali varian ketan hitam. Cokelat merupakan sebutan untuk olahan dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat memiliki kandungan alkaloid seperti fenetilamina, teobromin dan anandamida yang dapat menimbulkan efek fisiologis bagi tubuh. Kandungan-kandungan tersebut sering kali dikaitkan dengan tingkat serotonin di dalam otak. Bahkan menurut ilmuwan, cokelat yang dikonsumsi teratur dalam jumlah normal dapat menurunkan tekanan darah.

Bila anda menggunakan cokelat hitam untuk resep brownies kukus lapis coklat, tentu juga akan merasakan manfaatnya. Ya, karena cokelat hitam yang dikonsumsi dengan jumlah sedang dapat menguntungkan bagi kesehatan, selain itu di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang bisa mengurangi pembentukan radikan bebas yang ada di dalam tubuh. Selain rasanya yang enak dan manis, ternyata cokelat memiliki kegunaan yang besar bagi kesehatan tubuh anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*