Cara Cek IP Address Komputer

IP Address adalah alamat unik pada komputer agar bisa dikenali dan terhubung dengan komputer lain. IP Address merupakan singkatan dari Internet Protocol Address. IP terdiri dari 4 blok deretan angka yang masing-masing bloknya berisi angka antara 0 – 255 untuk IPv4 karena penyusunnya adalah 32-bit. Namun untuk IPv6 sudah menggunakan 128-bit. Mengetahui IP Address berguna agar dapat dikenali oleh jaringan. Seperti halnya ketika kita akan mengirim surat harus dipastikan dahulu alamatnya sudah benar, jika tidak maka dapat dipastikan bahwa surat kita tidak akan sampai ke alamat sehingga informasi yang akan kita sampaikan pun menjadi terhenti. Berikut ini akan dipaparkan dua cara cek IP Address agar dapat mengetahui alamat IP.

Cek IP melalui website 

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan simpel. Namun syaratnya Anda harus terkoneksi ke internet untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka halaman website berikut ini http://whatismyipaddress.com/
  2. Anda akan langsung dapat melihat alamat IP komputer beserta informasi tambahan seperti ISP (Internet Service Provider) dan dari daerah mana Anda berasal. Bahkan disertai juga dengan map darimana Anda berasal. Canggih bukan? 😀

Cek IP melalui CMD

Cara berikut ini merupakan cara lain yang dapat dilakukan dengan fasilitas CMD bawaan windows. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka Run, caranya adalah dengan tekan tombol Windows+R pada keyboard komputer secara bersamaan.
  2. Ketik CMD pada kotak isian Run tadi yang telah terbuka
  3. Akan muncul layar CMD yang latarbelakangnya berwarna hitam. Ketikkan IPCONFIG lalu tekan Enter
  4. Akan muncul beberapa informasi, untuk alamat IP bisa dilihat di informasi IPv4 Address seperti pada gambar di bawah ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*