Cara Mengetahui Class SD Card

Mungkin sebagian dari teman-teman masih ada yang belum tahu tentang class SD Card dan cara mengetahui berapa class dari SD Card yang saat ini terpasang di smartphone. Jika kamu merasa handphone lemot saat membaca aplikasi, menerima dan mengirim data bisa jadi class sd card kamu perlu ditambah. Class pada SD Card sangat berhubungan erat dengan kecepatan membaca dan menulis pada memori handphone. Itulah sebabnya jika teman-teman ingin agar kinerja smartphone menjadi lebih cepat, sebaiknya tingkatkan class SD card menjadi class 10.

Berikut ini adalah kategori class SD card beserta kecepatannya. Kecepatan yang ditampilkan di bawah ini adalah kecepatan minimum ya, bukan kecepatan maksimum.

Kategori Kecepatan
Class 10 10 MB/s
Class 6 6 MB/s
Class 4 4 MB/s
Class 2 2 MB/s

Nah, berikut ini adalah cara cek untuk mengetahui class SD card pada smartphone kamu.

  1. Install aplikasi SD Tools yang dapat didownload di alamat berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=ales.veluscek.sdtools
  2. Jalankan aplikasi tersebut, berikut adalah tampilan awal dari aplikasi 
  3. Klik pada tombol Start Speed Test, tunggu sebentar hingga loading selesai.
  4. Akan muncul halaman yang berisi informasi kecepatan menulis (writing speed) dan kecepatan membaca (reading speed). Hasilnya silakan dicocokan pada tabel kecepatan SD card di atas. Punya saya hasilnya adalah sekitar 40MB/s sehingga bisa dipastikan kecepatan class SD card saya adalah class 10. 

Sekian artikel singkat kali ini, semoga dapat bermanfaat ya. Terima kasih telah mampir di blog http://ngobrolsantai.com/.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*