Resep bubur sumsum hijau mutiara pandan spesial enak

Apakah Anda seseorang yang menyukai bubur sumsum? Jika ya, apakah anda pernah mencoba untuk membuat sendiri bubur sumsum kesukaan anda? Jika jawabannya belum, maka sebaiknya anda mencoba untuk membuat bubur sumsum sendiri sehingga anda dapat mengetahui seperti apa bubur sumsum itu dibuat. Dan di bawah ini adalah resep bubur sumsum terbaik yang bisa anda jadikan resep andalan ketika anda akan membuat bubur sumsum.

Bubur sumsum menjadi kudapan paling nikmat ketika dihidangkan pada saat cuaca sedang hujan atau kondisi cuaca yang dingin. Bubur sumsum dapat menjadi makanan hangat dan panas yang memiliki citarasa yang enak dan manis. Beberapa pelengkap pun dapat ditambahkan pada bubur sumsum tersebut. Anda dapat menambahkan candil yang memang biasa ditambahkan pada setiap resep bubur sumsum.

Resep Bubur Sumsum Hijau Mutiara Pandan Spesial Enak

Resep Bubur Sumsum Hijau Mutiara Spesial Enak

Resep bubur sumsum banyak diketahui karena sebenarnya membuat bubur sumsum tidak terlalu sulit. Bahan yang digunakan pun tidak terllau sulit untuk ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau. Bubur sumsum ini memang makanan yang terjangkau tetapi memiliki kelezatan yang tiada terkira.

Di bawah ini adalah resep bubur sumsum hijau mutiara special enak yang menjadi resep paling mudah dan paling banyak dicari oleh setiap ibu-ibu yang ingin membuat bubur sumsum. Dinamakan sumsum hijau mutiara karena menggunakan pelengkap bahan mutiara yang berwarna hijau. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan resep berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur sumsum:

  • 150 gram tepung beras
  • 900 ml santan yang dibuat dengan 1,5 butir kelapa
  • 100 ml air daun suji. Air ini dibuat dari 40 lembar daun suji dan 4 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam

Selanjutnya, siapkan bahan untuk membuat candil:

  • 75 gram tepung ketan
  • 1 sendok teh tepung sagu
  • 1/8 sendok teh garam
  • 50 mill air panas

Bahan lain yang disiapkan adalah bahan Sirup

  • 200 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 400 mill air

Selain itu, dapat juga dilengkapi dengan bahan-bahan berikut:

  • 25 gram sagu mutiara hijau yang sudah direbus
  • Es serut secukupnya

Cara Membuat Bubur Sumsum Hijau Mutiara Pandan

Setelah semua bahan siap, maka selanjutnya adalah mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah membuat bubur sumsum terlebih dahulu. Masukan tepung beras dalam setengah bagian santan, kemudian larutkan. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Sementara itu,  kelebihan santan, air daun suji serta daun pandan direbus dengan air mendidih dan dicampurkan garam sambil diaduk rata.
  3. Kemudian, tuangkan larutan tepung beras. Masak hingga matang dan meletup-letup. Jangan lupa sambil di aduk-aduk.
  4. Langkah kedua adalah membuat bubur candil. Campurkan dengan merata tepung sagu, tepung ketan, dan garam.
  5. Tuangkan air panas secara bertahap sedikit demi sedikit. Uleni terus menerus sampai adonan kalis.
  6. Setelah itu ambil sedikit adonan, bentuk bulat-bulat dengan ukuran yang agak kecil disesuaikan dengan selera anda. Jika sudah selesai, sisihkan terlebih dahulu.
  7. Langkah terakhir, adalah membuat sirup untuk siraman bubur sumsum. Daun pandan, gula merah direbus dalam air mendidih dan larut.
  8. Angkat lalu saring hingga tersisa cairan gulanya saja lalu dinginkan.

Baca juga: Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Semua bahan untuk bubur sumsum sudah selesai dibuat, selanjutnya adalah menyajikan bubur sumsum tersebut. Siapkan mangkuk lalu tuangkan bubur sumsum dan candil. Setelah itu tambahkan bahan pelengkap sagu mutiara hijau lalu siram dengan sirup gula yang telah dibuat. Jika disajikan siang hari, maka bubur sumsum dapat ditambahkan parutan es supaya lebih segar.

Resep bubur sumsum hijau mutiara ini disajikan untuk lima porsi. Atau anda juga dapat menyajikan untuk orang-orang sesuai dengan takaran dan selera anda. Selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*