Cara Cek RAM Android

Pengguna smartphone Android pasti akan merasakan gadgetnya terasa lambat jika kapasitas RAM-nya rendah. Untuk itu perlu diketahui dan disadari sejak awal membeli smartphone jika handphone yang akan kita gunakan nanti untuk bermain game dengan grafik besar atau hanya sekedar chatting, buka email, dan aplikasi dasar lainnya. Jika memang bertujuan untuk bermain game dan multitasking maka disarankan membeli smartphone dengan kapasitas RAM yang besar, sedangkan jika hanya aplikasi ringan maka RAM yang kecil sudah lah cukup dan mumpuni. Lalu jika Anda sudah terlanjur mempunyai smartphone Android dan ingin mengetahui seberapa besar RAM yang dimiliki, berikut ini adalah cara cek RAM android.

  1. Buka Setting/Setelan
  2. Masuk Applications/Aplikasi (di beberapa hp android ada juga yang namanya cuma Apps)
  3. Geser tab sampai All / Semua. Lihat bagian yang paling bawah seperti pada gambar berikut 
  4. Lihat tanda merah yang telah saya buat pada gambar di atas.Pada keterangan di atas 674MB Used dan 247MB free. Itu artinya besar RAM pada handphone yang bisa dipakai totalnya adalah 674 + 247 = 921MB. 

Meskipun pada contoh di atas RAM total hanya 921MB, namun biasanya dalam spesifikasi penjualan tertera 1GB. Jangan kaget karena memang ada sebagian kecil RAM yang “dipesan” oleh sistem. Semoga tutorial singkat cara cek RAM android di atas bisa membantu ya. Terima kasih telah mampir di blog terselubung, baca juga cara cek RAM pada laptop

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


    *