Cara Membuat Android Tidak Lemot

Dengan semakin berkembangnya Android dalam beberapa tahun terakhir membuat penggunanya juga semakin banyak. Hal ini didorong karena harga smartphone Android yang semakin murah yang bisa di dapat dengan harga ratusan ribu saja dan juga semakin banyaknya aplikasi Android yang terdapat di Google Play yang membuat kita semakin tergoda untuk mendownload berbagai macam aplikasi. Namun lebih baik jangan terlalu banyak mendownload aplikasi yang sebetulnya kita tidak menggunakannya, yang ada malah menjadikan gadget kita menjadi lemot.

cara atasi android lemot
sumber gambar : exclusivewriters.com


Selain itu, spesifikasi teknis smartphone yang kita miliki juga kita harus ketahui. Jangan sampai kita mendownload aplikasi berat yang smartphone tidak kuat untuk menjalankannya. Bisa jadi kuat dan jalan di gadget kita namun performanya pasti akan jelek dan menjadikan handphone semakin lemot atau lambat. Nah, biar smatphone kita tetap dapat digunakan dengan performa yang maksimal dan tanpa lag, berikut ini adalah beberapa cara membuat Android tidak lemot.

1. Hindari membuka aplikasi dalam jumlah banyak

Semakin banyak aplikasi yang kita jalankan secara bersamaan akan membuat aplikasi tersebut berjalan dalam background yang tentunya akan memakan RAM secara tersembunyi. Jalankan aplikasi seperlunya saja, jika sudah selesai menggunakan langsung tutup.

2. Pasang widget dan wallpaper seperlunya. 

Widget dalam halaman home Android memang bisa menjadikan tampilan lebih cantik, apalagi ditambah dengan live wallpaper. Namun performa berbanding terbalik dengan tampilan, jika tampilan semakin bagus maka akan menurunkan performa. Saran saya gunakan widget seperlunya saja, misal clock atau weather. Sedangkan untuk wallpaper gunakan yang statis, bukan live.

3. Hapus cache dan junk file secara berkala

Ada beberapa aplikasi Android yang menyimpan data dan residu file yang tidak perlu dalam memori kita sehingga kita harus menghapusnya secara berkala. Cache juga perlu dihapus agar membuat android kita tidak lemot. Gunakan aplikasi seperti Clean Master untuk membersihkannya. Aplikasi bisa dicari di Play Store.

4. Gunakan memori berkecepatan tinggi. 

Ketika Anda membeli memori eksternal, pastikan Anda membeli memori yang mempunyai class minimal 10. Apa itu class pada SD card? bisa di baca pada artikel tentang Class pada SD Card.

5. Hapus SMS secara berkala

Tanpa kita sadari sms yang selama ini masuk ke smartphone kita akan menumpuk dan membebani memori. Hapus secara berkala sms yang ada, bisa juga menggunakan aplikasi yang akan menghapus sms jika sudah mencapai jumlah tertentu.

Sekian tadi beberapa tips singkat agar android tidak lemot. Mungkin cara di atas masih terlalu sedikit karena banyak sekali optimasi yang bisa dilakukan. Semoga di lain waktu bisa ditambah kembali. Terima kasih telah mampir di blog ngobrol santai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*