Cara Mengetahui Jenis Font

Kadangkala jika kita sedang ingin mendesain sesuatu yang membutuhkan tulisan pasti akan dihadapkan pada pemilihan font yang sesuai. Baik itu desain banner, brosur, hingga website pasti membutuhkan font yang sesuai dengan tema yang kita inginkan, apalagi font juga bisa sebagai branding yang dapat menguatkan posisi kita di mata pembaca atau bahkan konsumen kita. Lihat saja apa yang dilakukan oleh Sony melalui logo PlayStation-nya atau tokoh superhero melalui branding Spiderman-nya. Semuanya menggunakan logo unik dan kena di hati penggemarnya.

Nah bagi Anda yang sedang ingin membuat desain namun bingung menentukan font, bisa jadi tips cara mengetahui font berikut ini bisa membantu. Tips berikut ini adalah dengan menggunakan file gambar yang ingin diketahui font-nya lalu diidentifikasi jenis font-nya berdasarkan gambar yang di upload sebuah layanan online. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Siapkan file gambar yang berisi font yang ingin dicari. Jika Anda ingin mencari font yang dipakai oleh website yang Anda kunjungi maka bisa discreenshot terlebih dahulu. Cara screenshot layar komputer bisa dilihat di sini. Screenshot hanya dilakukan dengan mengambil sampel huruf beberapa saja, bukan satu paragraf utuh. Simpan file gambar tersebut.
  2. Buka alamat website berikut ini https://www.myfonts.com/WhatTheFont/
  3. Upload file gambar yang berisi font dengan cara klik tombol BROWSE lalu klik CONTINUE. Di sini saya mengupload gambar seperti di bawah ini.
  4. Anda akan diminta mengisi beberapa karakter huruf yang sesuai pada gambar seperti contoh di bawah ini 
  5. klik Continue maka akan tampil beberapa pilihan font yang paling sesuai dengan font pada gambar yang tadi telah ter-upload.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*