Mengapa Larutan Elektrolit Dapat Menghantarkan Arus Listrik

Banyak teman-teman bertanya karena keingintahuannya tentang larutan elektrolit yang bisa menghantarkan arus listrik. Kok bisa begitu ya? Yuk mari kita simak penjelasannya berikut ini.

penjelasan larutan elektrolit listrik

Sebelum lebih jauh, alangkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu larutan elektrolit. Larutan elektrolit adalah cairan berisi zat yang terurai ke dalam bentuk ion-ion yang akhirnya menjadi konduktor listrik. Ion-ion tersebut merupakan atom yang bermuatan elektrik. Percobaan menggunakan larutan elektrolit ini pertama kali dilakukan oleh ilmuwan berkebangsaan Swedia bernama August Svante Arhenius. Menurutnya, larutan elektrolit dapat mengahantarkan arus listrik karena terdapat ion-ion (ion positif dan ion negatif) yang bergerak bebas dalam larutan.

Baca juga : Alasan kabel listrik dipasang kendur

Larutan elektrolit dibagi menjadi 2 macam yaitu elektrolit kuat dan lemah. Elektrolit kuat mempunyai daya hantar yang besar, contohnya adalah HCl, H2SO4, HNO3 dan HCLO4.  Sifat-sifat elektrolit kuat diantaranya terionisasi sempurna, mengantarkan alur listrik yang besar, dan terdapat gelembung gas. Sedangkan elektrolit lemah mempunyai daya hantar yang kecil, contohnya adalah CH2COOH, HF, HNO2, dan NH3. Sifat-sifat elektrolit lemah adalah terionisasi sebagian, menghantarkan alur listrik kecil, dan terdapat gelembung gas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*