Kenapa Kapal Bisa Mengapung ?

Pernahkah terpikir kenapa kapal bisa mengapung ? Yuk kita cari tau jawabannya. Dalam penalaran awam kita, mana mungkin sebuah benda yang sangat besar yang terbuat dari besi kok bisa-bisanya mengapaung dalam permukaan air dan tidak dapat tenggelam. Apalagi kapal tersebut membawa muatan yang sangat berat misalnya membawa peti kontainer untuk ekspor impor, membawa manusia dalam jumlah banyak untuk transportasi, dan lain sebagainya. Bahkan jika dibandingkan dengan tubuh kita yang kecil ini ketika berenang bisa tenggelam. Pertanyaanya adalah kok bisa ya? Sungguh hebat ya manusia yang bisa menciptakan sebuah mahakarya yang luar biasa tersebut.

Prinsip dasar sebuah benda bisa mengapung pada permukaan air adalah perbandingan antara massa jenis benda tersebut dengan massa jenis air. Jika massa jenis benda lebih besar dibandingkan dengan massa jenis air maka benda tersebut akan tenggelam, begitu juga sebaliknya.

Apa sih massa jenis itu? Massa kenis adalah pengukuran massa untuk tiap volume bendanya. Rumus massa jenis adalah sebagai berikut :

p = m / v

Dimana p adalah massa jenis, m adalah massa, dan v adalah volume. Semakin besar volume maka massa jenis akan semakin kecil. Untuk lebih memahaminya berikut data massa jenis air adalah 1000 kg/m3, besi 7874 kg/m3, sedangkan gabus 260 kg/m3.Oleh karena massa jenis besi lebih besar dari massa jenis air maka besi akan tenggelam, sebaliknya gabus akan mengapung karena massa jenisnya yang lebih rendah.

Loh, kapal kan terbuat dari besi tapi kenapa bisa mengapung? padahal massa jenisnya lebih besar. Ingat, bahwa massa jenis adalah perbandingan massa dengan volume. Di dalam kapal, masih banyak terdapat rongga-rongga udara yang memenuhi volumenya sehingga massa jenisnya menjadi jauh lebih kecil. Sedangkan massa jenis udara mempunyai besaran yang sangat kecil sebesar 1,2 kg/m3.

Itulah sebabnya mengapa drum kosong yang terbuat dari besi masih bisa mengapung dalam air. Para pembuat kapal sudah mendesain gabungan dari bahan-bahan besi, rongga-rongga udara, muatan orang di dalamnya, dan lain sebagainya massa jenis totalnya tidak lebih besar dari massa jenis air. Namun, jika kapal mengalami kebocoran, air akan masuk dalam kapal dan memenuhi rongga-rongga udara di dalamnya yang menyebabkan massa jenisnya menjadi lebih besar sehingga tenggelam. Hal ini juga yang menjadi penyebab kenapa kapal Titanic yang super megah dapat tenggelam dan kisah tersebut masih teringat hingga kini.

Baca juga : Mengapa air laut asin

Selain faktor massa jenis, alasan kenapa kapal bisa mengapung adalah adanya gaya apung dari fluida (air) kepada kapal dikarenakan adanya perpindahan massa air yang cukup besar seperti hukum Archimedes dimana gaya ke atas benda disebabkan oleh perpindahan massa dan volume air yang sebanding dengan besarnya massa dan volume benda tersebut. Selain itu, luas permukaan pada kapal dibuat cekung yang mana menjadikan lebih banyak permukaan air yang menyentuh dasar kapal.

Semoga penjelasan ilmiah mengenai kapal dapat mengapung di atas mudah dipahami bagi pembaca sekalian. Terima kasih telah mampir di blog ngobrolsantai.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*